TEKNOLOGI

10 Aplikasi Android Terpopuler

Lima besar hampir dikuasai oleh produk Google lain.
Jum'at, 16 September 2011
Oleh : Bayu Galih
Aplikasi Android

VIVAnews - Sistem operasi Android saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan. Platform terbuka di sistem operasi Android dinilai menjadi salah satu alasan makin populernya Android.

Banyaknya aplikasi yang bisa diunduh di Android Market juga menjadi salah satu pemikat untuk membeli smartphone berbasis Android. Apalagi, banyak aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.

Lalu, apa saja aplikasi yang paling banyak digunakan di Android. Berikut merupakan sepuluh besar daftar aplikasi paling banyak digunakan, yang dikutip dari Bussiness Insider:



10. Pandora Radio

Pandora merupakan aplikasi yang bisa digunakan sebagai pemutar radio. Sebanyak 23,9 persen pengguna Android menggunakan aplikasi ini.


9. Quickoffice Pro

Aplikasi ini sangat bermanfaat digunakan oleh pelajar maupun urusan bisnis. Dengan aplikasi ini, pengguna Android bisa mengedit dokumen yang biasa ada di format Office, dengan Quickword, Quicksheet, Quickpoint dan QuickPDF. Aplikasi ini digunakan sekitar 25,3 persen pengguna Android.


8. Angry Birds

Aplikasi game yang dikembangkan Rovio ini memang game paling populer saat ini. Dirilis sejak 2009, game burung pemarah yang menghajar pasukan babi hijau ini diunduh oleh sekitar 25,9 persen.


7. Advanced Task Killer

Aplikasi ini bermanfaat untuk menutup aplikasi yang masih aktif dan menyediakan ruang untuk RAM. Selain itu, aplikasi ini juga bermanfaat untuk membuat ponsel berjalan cepat. Sebanyak 26,1 persen pengguna Android menggunakan aplikasi ini.


6. YouTube

Layanan penyedia video-sharing ini merupakan aplikasi built-in yang ada di tiap ponsel Android. Namun, 'hanya' 51,4 persen pengguna Android yang memakai aplikasi ini.


5. Google Search

Walau search engine Google menjadi situs paling banyak dikunjungi, namun Google Search bukan sebagai raja aplikasi di Android. Sebanyak 71,9 persen pengguna Android menggunakan aplikasi ini.


4. Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan pengguna Android. Aplikasi ini tercatat digunakan oleh sebanyak 73,5 persen pengguna Android.


3. Gmail

Sebagai sesama produk Google, Gmail merupakan aplikasi built-in yang ada di setiap smartphone berbasis Android. Wajar jika aplikasi ini digunakan oleh 74,5 persen pengguna Android. Apalagi, untuk masuk ke Android Market, membutuhkan akun Gmail.


2. Google Maps

Aplikasi ini sangat bermanfaat sebagai peta yang bisa dikantongi di saku. Dilengkapi GPS untuk memudahkan pencarian lokasi, wajar jika 74,6 persen pengguna Android menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah.


1. Android Market

Untuk mengunduh aplikasi lain, aplikasi Android Market memang diperlukan. Apalagi aplikasi ini sudah built-in dengan semua smartphone Android. Jadi alasannya cukup jelas bukan?

TERKAIT
TERPOPULER