TEKNOLOGI

5 Senjata Canggih Milik AS

Ini adalah senjata-senjata canggih yang digunakan pemerintah AS.
Minggu, 11 September 2011
Oleh : Indra Darmawan
Senjata Electronic Railgun besutan Angkatan Laut AS

VIVAnews - Sebagai negara adidaya, dominasi AS di bidang teknologi memang tak terbantahkan. Mereka punya berbagai jenis teknologi canggih yang tak dimiliki oleh negara lain

Beberapa di antaranya menggunakan sistem yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Situs Silicon Alley Insider mengungkap beberapa teknologi unik yang dipunyai oleh pemerintah AS. Ini dia. 

1. Senapan PHASR 

Senapan ini tak akan melukai siapapun. Senapan PHASR atau singkatan dari (The Personnel Halting and Simulation Response) ini adalah sistem laser yang didesain untuk hanya membuat target mengalami disorientasi dan tak bisa melihat.

Senjata sejenis yang menggunakan teknologi ini juga sempat digunakan AS di perang Irak untuk melumpuhkan musuh yang tak mau berhenti di pos pemeriksaan.

 

#10 PHASR Rifle

 

2. Active Denial System

Senjata ini menembakkan gelombang elektromagnet langsung kepada permukaan kulit seseorang, sehingga orang itu akan merasa lemah dan kesakitan.

#9 Active Denial System

Orang yang terkena akan merasa seperti terbakar sinar matahari. Militer AS menyebutnya sebagai 'Goodbye Weapon'.

3. Railgun 

Senjata ini memanfaatkan medan magnet untuk melontarkan proyektil dengan kecepatan yang sangat cepat, hingga 7 kali kecepatan suara. Senjata ini awalnya hanya ada di cerita fiksi.

Namun kemudian militer AS mengembangkannya dan pada 2008 sempat mengujikannya. Rencananya senjata ini akan benar-benar siap antara 2020-2025. 

4. Serangga Hybrida MEMS

Senjata ini lebih canggih daripada sekadar mobil-mobilan yang dikendarai oleh remote control.

#6 Hybrid Insect MEMS

Dengan mengganti otak serangga dengan chip komputer yang bisa mengendalikan sistem syaraf mereka, peneliti bisa mengendalikan serangga-serangga, atau kupu-kupu ke manapun diinginkan.

Dengan menambahkan mereka dengan kamera video dan mikrofon, serangga-serangga ini menjadi alat mata-mata yang sangat ampuh.

5. Mikorofon Laser 

Ini adalah teknologi yang sudah ada di pasaran. Dengan teknologi ini, seseorang bisa menyadap pembicaraan di sebuah ruangan dari jarak jauh.

#5 Laser microphones

Caranya: Ketika dua orang berbicara di sebuah ruangan, maka gelombang suara mereka akan tertangkap getarannya di benda padat yang terhubung dengan ruangan, seperti jendela ruangan.

Nah, dengan senjata laser yang tak terlihat mata bisa diarahkan ke jendela, sehingga ia akan  menerima pantulan laser dari jendela. Dari pengolahan terhadap gelombang laser hasil pantulan dari jendela, senjata akan menerjemahkannya kembali menjadi sebuah bentuk percakapan suara yang ada di ruangan tadi. (eh)

 

TERKAIT
    TERPOPULER