Tsunami Aceh 2004 Bukan yang Pertama

Tsunami melanda kota di tepi pantai
Sumber :
  • earthquake.it

VIVAnews - Tsunami dahsyat yang melanda Aceh pada 2004 silam diyakini merupakan tsunami terbesar yang pernah melanda kawasan tersebut. Namun, hasil riset terbaru menunjukkan fakta lain. Tsunami berskala besar pernah terjadi di Aceh sebelum tahun 2004.

“Dari riset yang dilakukan di Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam, berdasarkan endapan paleotsunami, dapat dilihat bahwa pernah terjadi giant tsunami di Aceh sekitar 600 tahun silam,” kata Eko Yulianto, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Pusat Studi Bencana (PSB) Universitas Gajah Mada.

Hasil temuannya menepis anggapan bahwa sebelumnya di Aceh tidak pernah terjadi gempa bumi yang dahsyat di atas 9,0 skala Richter.

“Tsunami 2004 yang meluluhlantahkan Aceh merupakan bukti bahwa gempa bumi dan tsunami berskala besar bisa terjadi di mana saja,” kata Eko. “Sayangnya, temuan ini diketahui setelah terjadi gempa itu. Jika ditemukan lebih cepat, sebenarnya jumlah korban bisa diminimalisir,” ucapnya.

Selain di Aceh, Eko juga melakukan penelitian di tebing Sungai Cikembulan, Pangandaran, Jawa Barat. Dari penelitian tersebut ditemukan empat lapisan pasir yang menjadi bukti awal di kawasan tersebut pernah terjadi beberapa kali tsunami. Salah satunya berupa lapisan pasir tebal yang diendapkan di atas lumpur mangrove dan ditutupi endapan banjir.

Pada lapisan pasir tersebut terdapat cangkang Foraminifera. Di atas lapisan itu terdapat beberapa lapisan yang memiliki ketebalan sekitar 1-3 cm, salah satunya merupakan bekas tsunami Pangandaran 2006 lalu.

“Ini menunjukkan bahwa pada suatu masa, kurang lebih 400 tahun yang lalu, di wilayah ini diperkirakan pernah terjadi tsunami yang skalanya jauh lebih besar dibanding tsunami 2006 kemarin,” kata pakar paleotsunami ini.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Pendapat senada juga dikemukakan oleh Brian F. Atwater, peneliti dari Badan Survei Geologi AS (USGS). Ia menyebutkan bahwa tsunami Aceh tahun 2004 bukanlah bencana tsunami yang pertama. Ia memperkirakan, sekitar tahun 1800 di Aceh pernah terjadi bencana yang sama. (eh)

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024