TEKNOLOGI

2 PTN Indonesia Masuk 20 Besar Asia

Kedua perguruan tinggi itu adalah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada.

ddd
Jum'at, 8 Juli 2011, 14:34
Pemeringkatan universitas tersebut dilakukan tiap semester. Hasilnya diumumkan Januari dan Juli. Adapun 2 perguruan tinggi Indonesia yang masuk 20 besar Asia adalah ITB dan UGM.
Pemeringkatan universitas tersebut dilakukan tiap semester. Hasilnya diumumkan Januari dan Juli. Adapun 2 perguruan tinggi Indonesia yang masuk 20 besar Asia adalah ITB dan UGM. (mpl.org)

VIVAnews - Kiprah perguruan tinggi di dunia maya kembali diperbarui oleh 4ICU (www.4icu.org), yang dikenal dengan World Universities Web Ranking.

Sebanyak 10.200 perguruan tinggi di 200 negara dievaluasi berdasarkan tiga kriteria, yaitu Google Pagerank, Yahoo Inbound links, dan Alexa Traffic Rank. Hasil pemeringkatan dirilis setiap semester, yaitu pada Januari dan Juli.

Pada data terbaru yang dirilis 6 Juli 2011, dua perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk dalam daftar 20 universitas terpopuler untuk wilayah Asia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Adapun jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang dievaluasi adalah sebanyak 154 perguruan tinggi, atau naik sebanyak 3 PT dibandingkan edisi Januari 2011, yang tercatat sebanyak 151 PT.  Hanya ITB yang masuk ke dalam daftar Top 100 dunia, yaitu urutan ke-44. Selebihnya, termasuk UGM yang masuk ke dalam daftar 20 PT terbaik di Asia, tidak mampu menyusup ke dalam daftar bergengsi tersebut.

Berikut ini daftar 10 perguruan tinggi terpopuler di Indonesia menurut 4ICU (Juli 2011):
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Gunadarma
6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Sumatera Utara (USU).

Dibandingkan pemeringkatan sebelumnya (Januari 2011), terjadi beberapa perubahan signifikan. Misalnya, UI yang sebelumnya bertengger di peringkat kedua berhasil disalip UGM. Sementara IPB lompat jauh dari peringkat 12 ke peringkat 4, mengungguli Gunadarma, UNDIP, ITS, UPI, UNS, dan USU.

Jika menilik komposisi perguruan tinggi negeri dan swasta, hanya tersisa Gunadarma yang menghuni daftar 10 besar. Sementara Universitas Bina Nusantara (Binus) yang sebelumnya berada di peringkat 8, posisinya merosot ke peringkat 19.

Pada edisi kali ini, jawara dunia masih diraih oleh MIT. Ia berhasil melengserkan jawara sebelumnya, Stanford University, yang turun ke peringkat 4. Amerika Serikat menguasai sepuluh besar dunia, dan hanya menyisakan satu perguruan tinggi di peringkat ke sepuluh, yaitu University of Cambridge dari Inggris.

Untuk wilayah asia, dominasi China juga merambah ke popularitas di dunia maya. China mewakilkan enam perguruan tingginya di sepuluh besar Asia, yang dipimpin oleh Peking University. Sedangkan Jepang hanya menempatkan satu PT, yaitu Keio University yang menempati urutan ketiga di Asia.

National University of Singapore menjadi wakil dari Asia Tenggara yang berhasil masuk Top 10 Asia, yaitu pada peringkat kelima. Dua PT lainnya yang masuk Top 10 Asia berasal dari India. Hanya dua PTN Indonesia berhasil masuk Top 100 Asia, yaitu ITB di peringkat 11 dan UGM di peringkat 17. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
zandilaq
10/07/2011
semoga saja indonesia menjadi yang paling unggul pendidikanx juga religinya.... n q bisa masuk salah satu PTN yg pling unggul.....
Balas   • Laporkan
duaenam
09/07/2011
PTN indonesia berkembanglah..!!!!!!!
Balas   • Laporkan
Erni Siti Wahyuni
08/07/2011
Semoga PTN makin berkembang ke arah yang positif dan mampu berkibar di jajaran internasional. :)
Balas   • Laporkan
ridwan
08/07/2011
maju terus pendidkan Indonesia...
Balas   • Laporkan
Popo
08/07/2011
Kalo rating dari mah gak terlalu signifikan lah ya untuk mengukur kualitas/mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. Karena yang dinilai hanya dari sisi Web nya. Tapi ini cukup membanggakan lah.
Balas   • Laporkan
fahrul
08/07/2011
Bagus2... PR selanjutnya adalah menjadi 5 atau 10 besar PT terbaik di Asia
Balas   • Laporkan
Cak Lontong
08/07/2011
Kalo dunia udah ngerengking ga pake ngeliat status swasta dan negeri....di negara sendiri masih dibedain antara negeri dan swasta.....gimana ya....mana yang bahlul...????
Balas   • Laporkan
Mukhyidin | 09/07/2011 | Laporkan
yg di bedakan di indonesia antara negeri dan swasta, dari segi keuangannya..?


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id