TEKNOLOGI

Ikan Lele Bermutasi Jadi Pemangsa Manusia

Seekor goonch berukuran 1,8 meter dan berat 75,5 kilogram berhasil ditangkap.

ddd
Rabu, 29 Desember 2010, 11:54
Jeremy Wade dan Goonch Catfish, ikan sejenis 'lele' yang bermutasi menjadi pemakan daging
Jeremy Wade dan Goonch Catfish, ikan sejenis 'lele' yang bermutasi menjadi pemakan daging (discovery.com)

VIVAnews - Sejak tahun 1998 hingga 2007, tiga orang lenyap tenggelam mendadak di Great Kali River, sungai yang melintang di perbatasan antara Nepal dan India utara. Hal ini sangat aneh karena kawasan itu bukanlah habitat buaya dan predator air lain.

Terakhir, dari saksi mata yang melihat kejadian, seorang anak terlihat diseret ke dalam air oleh sesuatu yang tampak seperti babi berukuran panjang. Setelah itu, korban tidak pernah terlihat lagi, hidup atau mati. Demikian pula sisa-sisa tubuh ataupun pakaiannya.

Kasus-kasus itu memicu Jeremy Wade, biolog asal Inggris untuk mengamati apa yang ada di dalam sungai tersebut. Pasalnya, serangan hanya terjadi di kawasan tertentu, sepanjang sekitar 6 sampai 8 kilometer. Kawasan itu, menurut keterangan penduduk, merupakan kawasan di mana mereka biasa melarungkan jasad saudara-saudara mereka yang telah meninggal setelah dibakar.

Setelah meneliti menggunakan alat pengukur kedalaman, ia memastikan tidak ada lubang ditemukan, artinya serangan tidak diakibatkan oleh turbulensi yang terjadi di air.

Benar saja, tak lama setelah itu, dari jarak sekitar 1 kilometer dari serangan terakhir, seekor kerbau yang sedang minum di sungai yang hanya memiliki kedalaman 1 meter diserang dan diseret oleh sesuatu dari dalam air.

“Apapun yang mampu menyeret kerbau sebesar itu pasti memiliki ukuran dan bobot seberat 90 sampai 140 kilogram,” ucap Wade, seperti dikutip dari Discovery, 29 Desember 2010.

Dalam penelitian bawah air, Wade menemukan goonch catfish, serupa ikan lele yang memiliki panjang satu meter. Namun ikan itu gagal ditangkap. Penelitian lebih lanjut, diketahui bahwa terdapat beberapa kelompok goonch dan enam di antaranya berukuran sebesar manusia.

Setelah gagal menangkap ikan itu dengan alat pemancing, Wade coba memancing pemunculan ikan itu menggunakan seonggok kayu bakar dan  disusun seolah-olah merupakan bekas kremasi jasad orang meninggal. Ternyata sukses.

Seekor goonch berukuran panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kilogram, atau 3 kali lebih berat dibanding goonch lainnya berhasil ditangkap. Ikan ini diperkirakan cukup besar dan kuat untuk memakan seorang anak kecil, namun tak cukup besar untuk menyeret dan menyantap seekor kerbau.

Dari keterangan penduduk, Wade menyimpulkan bahwa ‘ikan lele’ itu telah bermutasi menjadi berselera terhadap daging manusia. Ikan juga tumbuh menjadi raksasa setelah terus mengonsumsi daging setengah matang sisa-sisa jasad manusia yang dilarungkan dan tenggelam di dasar sungai.

Baca juga:

"Kami tetap dukung Anas Urbaningrum"

VIDEO: Mantan Presiden ini jadi bintang iklan, nonton videonya

Kisah cinta si cantik dan si ganteng ini sungguh romantis

Model panas ini sangat takut kedinginan, apa sebabnya?

Lihat FOTO planet pink yang luar biasa

Studi Ilmiah: Gajah tahu bahwa manusia itu pemangsa hewan

Pria-pria ganteng yang diimpikan para wanita

Gara-gara salto, celana dalam wanita ini terkuak

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 


 


 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
mudah-mudahan tidak ada kejadian seperti itu di indonesia
Balas   • Laporkan
maghfiro.alwafi
14/02/2013
merinding jadiny :3
Balas   • Laporkan
Elin
30/01/2011
subhanallah..tidak ada yg tdk mungkin bagi ALLAH..
Balas   • Laporkan
chanoed
30/01/2011
dahsyaaaaaaaaaaaaaaaat....
Balas   • Laporkan
fhu2
30/01/2011
iiiiiih ikan'y bsr s'x ..bs d'makan satu kampung tuh hahahahahaha
Balas   • Laporkan
arif sugito
30/01/2011
ngga percaya bohong tuhhh
Balas   • Laporkan
emil fadillah
30/01/2011
Indonesia kurang lmu pengetahuan.,., itu ikan sturgeon.,., bukan lele.,., sturgeon memang sebesar itu kale,.,makanya sering sering nonton Discovery Channel atau National Geographic Wild.. jagnan nonton sinetron,.,gak mendidik,.,
Balas   • Laporkan
renai_khaizuran | 29/03/2013 | Laporkan
Ikan sturgeon? Saya gak setuju. Ikan sturgeon moncongnya runcing dan menghadap ke atas, meski jenis lake sturgeon. Mutasi bisa saja terjadi bahkan pada makhluk bersel sederhana sekalipun, apalagi 'lele'. Ikan sebesar itu bukan cuma sturgeon, kali. Do you
indra
28/01/2011
bagusya di awetkan aja baru di taroh di mesiyum aja tu ikan lele ya
Balas   • Laporkan
oktavianus
28/01/2011
wadduh , badan saya muat masuk kebadan ikan itu , syukkur saya tidak tinggal di sana
Balas   • Laporkan
Ahmad Amin
28/01/2011
mau dunk melihara ikan besar, biar ga bingung cari lauk.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com