TEKNOLOGI

Ubur-ubur Mengancam Kehidupan Laut

Faktor penyebab melesatnya populasi ubur-ubur adalah polusi, suhu dan penangkapan ikan.

ddd
Selasa, 28 Desember 2010, 11:36
Salah satu spesies ubur-ubur memiliki tentakel yang beracun dan dapat mematikan
Salah satu spesies ubur-ubur memiliki tentakel yang beracun dan dapat mematikan (antigravitas.com)

VIVAnews - Ubur-ubur merupakan makhluk laut yang jelek, cukup berbahaya, dan tidak seperti pembunuh lainnya di samudera yakni hiu. Ubur-ubur tidak terlalu enak untuk disantap. Sayangnya, hewan itu kini siap menguasai dua pertiga bagian planet Bumi.

Pada tahun 2006 sampai 2010, sekelompok kawanan besar ubur-ubur menginvasi pantai-pantai di Spanyol. Menyengat puluhan ribu perenang. Di sejumlah tempat, ubur-ubur ini hadir dengan konsentrasi hingga 10 ekor per meter persegi.

Kelompok ubur-ubur ini juga muncul di kawasan lain di seluruh dunia. Tahun 2007, Hawaii dan Irlandia mengalami hama ubur-ubur. Perairan Israel dan Prancis di tahun 2008. Tunisia dan Italia diserbu pada 2009. Di Jepang, ubur-ubur berukuran hingga 1,8 meter makin banyak bermunculan.

Di perairan kawasan utara Australia, populasi ubur-ubur dengan tentakel hingga 2,5 meter juga meledak. Padahal, ubur-ubur ini punya racun yang bisa membunuh manusia dalam tiga menit.

Menurut María Luz Fernández de Puelles, peneliti asal Spanish Institute of Oceanography's Balearic Oceanography Center, ada tiga penyebabnya. Seperti dikutip dari Mother Nature Network, 28 Desember 2010, ubur-ubur hidup subur sebagai efek samping dari polusi, kenaikan temperatur air dan penangkapan ikan yang berlebih.

Manusia terlalu banyak membuang limbah, termasuk limbah pertanian ke sungai yang akhirnya mengalir ke laut. Seperti diketahui, pupuk didesain untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Ternyata, pupuk juga berfungsi sama di laut dengan meningkatkan pertumbuhan ganggang.

Yang jadi masalah, ganggang merupakan makanan bagi mikro organisme di laut, yang merupakan makanan utama para ubur-ubur. Semakin melimpahnya ganggang dan mikro organisme, semakin terjamin pula hidup ubur-ubur.

Kedua, pemanasan global membuat suhu air laut makin hangat. Dari penelitian, ini memicu ubur-ubur makin subur dalam bereproduksi dan membuat mereka berenang semakin mendekati pantai. Demikian pula dengan ubur-ubur tropis yang memiliki tentakel beracun.

Ketiga, penangkapan ikan yang berlebihan, khususnya tuna, hiu, dan juga penyu laut membuat ubur-ubur semakin bebas berkeliaran. Padahal, hewan-hewan pemangsa itu biasanya memakan ubur-ubur dan telur-telurnya.

“Ubur-ubur adalah pemangsa yang sangat rakus dan bersaing dengan organisme dan plankton lain untuk berebut makanan,” kata de Puelles. “Dengan melejitnya pertumbuhan ubur-ubur, maka mereka akan mengubah struktur ekosistem di laut secara drastis.”



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
DiSpongSiBob
28/01/2011
wah... kalo ubur2 di musnahkan jg gak baik buat ekosistem laut... tapi kalo udah kebanyakan ya.... minta bantuan aja sama SpongeBob n Pattrick star... :D
Balas   • Laporkan
Q_KhY
28/01/2011
bahaya tuch,... ubur2 udh mw mngusai perairan Pantai,..
Balas   • Laporkan
icha_pizz guyz
14/01/2011
wah...jadiin lahan bizniz plastik aja tuch ubur2nya...hehe lumyan kan bisa jadi sumber rizki.....
Balas   • Laporkan
doelwaheed
13/01/2011
sebenarnya yang paling bersalah adalah manusianya, ubur-ubur tak pernah punya"Grand Planning" untuk menguasai lautan, and juga bukan alien yang ingin menguasai dunia, jika anda orang Islam mohon dengan hormat buka Al Qur-an Surat Al Rum : 41-42
Balas   • Laporkan
naomi-sangster
13/01/2011
iaa.. knp tdk spongebob aja yg nyelamatin dunia ini? dia kan handal dlm hal ini. XD ih, tpi aku jijik bged ama ubur2.. brrrr
Balas   • Laporkan
reicha
13/01/2011
hadduuuuhhh kuq serem ea ......... ???? jd tkut pantai dehhh.............
Balas   • Laporkan
edhellyn khan
11/01/2011
wah gawat sepertinya ubur-ubur akan menguasai seluruh kawasan perairan dunia mudah-mudahan saja gak di indonesia........!!!
Balas   • Laporkan
asri
11/01/2011
hemmmmm seharus nya cepet2 di basmi tu ubur_ubur biar musna sekalian?? :-)
Balas   • Laporkan
dicky
11/01/2011
diprairan ujung kulon banten, sya prnah disengat ubur2 brmbut bsarnya sya tdk lihat hnya rmbutnya saja kra2 ukuranya sma persis sperti rmbut mnusia dia sifatnya mengikat bla trkena sesuatu, yg sya rasakan saat itu perih slah itu gatal!bla yg bsr bsa mati
Balas   • Laporkan
mirza
11/01/2011
sangat perihatin dengan adanya kabar atas penelitian seperti ini,..kita tidak boleh hanya tinggal diam,.' tlng untuk para peneliti,.. agar di teliti lebih lanjut mengenai hal ini,.'' knp spesies ini blooming ?? apakah predator pemangsanya sudah migrasi ??
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id