TEKNOLOGI

10 Tips Menggunakan BlackBerry (II)

Cari tahu cara menggunakan shortcut dan mengoperasikan BlackBerry dengan efisien.
Senin, 5 Januari 2009
Oleh : Anindhita Maharrani, Muhammad Chandrataruna

VIVAnews - Selain PIN, Setup Wizard, dan penggunaan ibu jari untuk navigasi si pintar ini, ada sejumlah tips lain. Bagaimana menggunakan shortcut dan mengoperasikan BlackBerry dengan efisien.

Hemat Waktu dengan AutoText
AutoText adalah salah satu fitur yang terintegrasi dalam BlackBerry. Fungsinya hampir sama dengan fitur Spelling & Grammar pada Microsoft Word. Fitur ini akan mengoreksi teks. Misalnya Anda mengetik "acn". AutoText akan mengoreksinya menjadi "can".

Selain itu, efisiensi waktu dapat diwujudkan dengan fitur T9 dan apostrophe, fungsi yang mampu menempatkan tanda baca secara tepat. Contohnya, pada kata "aren't". Apostrophe akan secara otomatis menempatkan aksen (') di antara "n" dan "t".
 
Menariknya lagi, AutoText dapat dapat menyimpan template pesan. Bahkan, template tersebut bisa dikonversi dengan shortcut nomor atau tombol tertentu. Sehingga, ketika tengah berada di tengah meeting, Anda tak perlu membuang-buang waktu mengetik di window SMS atau Messenger. Tinggal tekan tombol shortcut berpesan "I'm On Meeting" atau pesan lain.
 
Shortcut
Di luar fitur AutoText, BB juga memiliki sejumlah shortcut yang sudah diatur sebelumnya.
* Tombol spasi dua kali akan membuat satu tanda baca titik ditambah satu spasi
* Menahan tombol huruf akan membuatnya menjadi huruf kapital
* Saat menulis alamat web, tombol spasi akan otomatis menjadi tanda baca titik (.)
* Saat menulis alamat e-mail, tombol spasi pertama akan berubah menjadi tanda @ dan tombol spasi berikutnya berubah menjadi tanda baca titik (.) - fungsi ini hanya berlaku di kolom To, Cc, atau Bcc yang terdapat pada email atau kolom e-mail pada daftar kontak.
 
Memory Card Tambahan

BlackBerry Media Player dapat memutar berbagai macam format file audio dan video. Sama mudahnya dengan melihat foto. Dan, intensitas penggunaan file-file tersebut kini kian besar. Jadi tak ada salahnya memodifikasi BB Anda.
 
Memory card berkapasitas 1GB seharga Rp 100 ribu bisa jadi alternatif yang ramah kantong. Jika memori internal BB sudah hampir penuh, namun Anda menemukan momen berharga untuk diabadikan, tak perlu lagi repot menghapus file.

Gunakan BlackBerry Sebagai Thumb Drive
Dengan memori yang tak sebesar PC atau notebook, jangan jadikan memori internal atau memory card pada BB Anda sebagai gudang penyimpan file. Justru, jadikanlah BB sebagai thumb drive.
 
Ketika memory card pada BlackBerry tersambung pada komputer dengan kabel konektor USB (PC ataupun Mac, Windows, Linux, atau OSX), pada BB akan muncul pesan pop-up "Do you want to turn on Mass Storage Mode?"
 
Dengan menekan tombol "Yes", komputer akan mengenali BB sebagai drive baru. Seperti halnya sebuah PC yang terhubung dengan USB drive biasa. Selanjutnya, Anda dapat melakukan drag-and-drop file, baik dari maupun ke komputer. Dengan begitu, Anda dapat memilah-milah file, juga menyimpan dokumen penting.

TERKAIT
TERPOPULER