TEKNOLOGI

Manfaat di Balik Gempa Bumi

Gempa yang memicu tsunami, longsor, dan aktivitas volkanik ternyata punya sisi positif.

ddd
Jum'at, 17 Desember 2010, 14:26
Pergeseran tanah akibat terjadinya gempa bumi besar
Pergeseran tanah akibat terjadinya gempa bumi besar (sciencemediacentre.co.nz)

VIVAnews - Gempa bumi, atau istilah lainnya adalah quake, tremor, atau temblor merupakan fenomena pelepasan secara tiba-tiba energi yang ada di kerak bumi yang mengakibatkan gelombang seismik yang skalanya diukur dengan seismograf. Semakin tinggi magnitudonya, semakin parah guncangan akibat pergeseran kerak bumi itu.

Di permukaan bumi, gempa muncul dengan wujud guncangan dan terkadang menggeser tanah. Jika pusat gempa terjadi di lepas pantai, dasar laut kadang mengalami pergeseran yang cukup besar yang dapat menyebabkan tsunami. Guncangan gempa juga bisa memicu tanah longsor dan kadang menghidupkan kembali aktivitas gunung volkanik.

Meski demikian, gempa bumi bukanlah fenomena yang mengerikan saja. Ternyata, menurut Hugh Ross, astrofisikawan asal Royal Astronomical Society, Montreal, Kanada, ada manfaat lain yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

“Apakah kita membutuhkan gempa bumi? Jawabannya adalah, Ya,” kata Ross, seperti dikutip dari CosmicFingerprints, 17 Desember 2010. “Tanpa adanya gempa bumi atau aktivitas lempeng tektonik, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan di atas tanah akan terkikis dari benua dan terkumpul di samudera,” kata Ross.

Setelah beberapa waktu tanpa gempa bumi, kata Ross, kehidupan akan semakin sulit di daratan, meski kehidupan di lautan masih berjalan dengan normal.

“Berkat aktivitas gempa bumi, nutrisi dan mineral-mineral lain yang terkandung di samudera bisa didaur ulang ke permukaan benua,” kata Ross. “Kita dapat melihat dengan jelas jumlah dan intensitas gempa yang terjadi yang dapat menjaga siklus daur ulang itu. Akan tetapi, bagi kita yang tinggal di perkotaan, dampaknya tidak terlalu terasa,” ucapnya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
makmur hasan
11/01/2011
Allah SWT menciptakan bumi dan seisinya tentu mempunyai maksud dantujuan, inilah namanya RAHASIA DI BALIK RAHASIAH,
Balas   • Laporkan
furqontino
22/12/2010
klo mmg ada nutrisi, kira² bisa tidak ditambang (selain magma tentunya) sehingga bumi tetap terjaga "kesehatannya" tanpa menunggu terjadi gempa... bisa jadi juga gempa ibarat tubuh nan penat shg sesekali perlu mengeliat :-) agar sedikit fresh
Balas   • Laporkan
Manukmabur
22/12/2010
Kayaknya bs jadi Energi Potensial Gempa.... Siapa Tahu Besok ada Pembangkit Listrik Tenaga Gempa.....
Balas   • Laporkan
wonderkid_fb_asp | 10/01/2011 | Laporkan
wah ide bagus tuh,,, tapi masa listrik cuma nyala pas ada gempa doank?
Putera Borneo
19/12/2010
Tuhan tdk pernah menjadikan segala sesuatu itu menjadi sia-sia. Itulah bukti Kasih Sayang-Nya yang Abadi dalam Perwujudan-Nya. Tuhan tdk pernah menghukum umat manusia, kecuali manusia itu sendiri yang berbuat kerusakan di muka bumi ini.
Balas   • Laporkan
hyou-ESR
17/12/2010
apapun ciptaan TUHAN,semua membawa hikmah....& apapun pemberianNYA....syukuri...
Balas   • Laporkan
aliceinneverland
17/12/2010
waah.. baru tau kalo gempa bumi tuh berguna juga. Layaknya meletusnya gunung, stelah meletus, tanah subur kembali.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com