Samsung dan Google Siapkan Nexus Two

Sumber :
  • tgdaily

VIVAnews - Google dan Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan generasi baru smartphone Nexus, yakni Nexus Two. Rumornya, suksesor Nexus One ini akan diluncurkan 8 November di New York City.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Dikutip VIVAnews dari TG Daily, Jumat 29 Oktober 2010, smartphone Google kedua itu akan ditenagai Android versi 3.0 (Gingerbread) sebagai sistem operasinya.

"Saya telah berbicara dengan banyak sumber terpercaya tentang projek ini. Kami saling berbagi informasi yang sama. Namun, tampaknya Google masih mau menyembunyikan info ini," kata Taylor Wimberly dari AndroidAndMe.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

"Bayangkan saja jika Samsung hanya fokus pada piranti keras sementara Google mengambil alih segala piranti lunak. Itu yang akan Anda dapatkan pada Nexus Two," tandasnya.

Wimberly sendiri mengaku tidak masalah jika banyak orang tak mempercayai rumor ini. "Tunggu saja tanggal mainnya. Lihat apa yang terjadi dua minggu lagi," tuturnya. Tak hanya TG Daily, banyak pihak tak yakin jika Samsung secepat ini mengeluarkan Nexus Two tanpa tanda-tanda.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Samsung bisa saja mencatat debut sebagai salah satu vendor pertamayang merilis ponsel Android Gingerbread. Akan menjadi sangat menarik jika benar walaupun bukan Nexus Two yang diluncurkan secara perdana.

Jika memang Samsung yang ditunjuk Google sebagai mitra produsen, otomatis HTC secara resmi tak lagi menjadi produsen smartphone milik Google. Memang, beberapa waktu lalu, raksasa Internet asal Mountain View itu menyatakan berhenti untuk memasarkan Nexus One.

Langkah Google diambil lantaran buruknya penjualan Nexus One, walaupun ponsel ini sempat menjadi salah satu ponsel yang dinanti-nanti. Ada yang beranggapan Google memang tidak sungguh-sungguh terjun ke industri ponsel, selain hanya sekadar ingin mendorong vendor-vendor hardware lain untuk mendukung platform Android.

Setidaknya langkah Google untuk membuat Android populer ini tidak sia-sia. Vendor ponsel hingga komputer lain berbondong-bondong meluncurkan perangkat berplatform Android. Bahkan untuk ponsel, Android kini menjadi salah satu pesaing berat Apple iPhone. (hs)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya