Warga Diimbau Bertahan di Pengungsian

Pasca Erupsi Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Trisnadi

VIVAnews - Bupati Sleman Sri Purnomo meminta agar warga di sekitar Gunung Merapi patuh pada pemerintah. Hal ini untuk mengeliminir jumlah korban akibat meletusnya gunung tersebut.

"Saya harap warga bertahan di pengungsian. Jangan dulu pulang ke rumah masing-masing," kata Purnomo di posko pengungsian, Jumat 29 Oktober 2010. Dia juga berharap agar permintaan pemerintah daerah ini dipatuhi sampai ada kebijakan baru untuk memulangkan mereka.

Rekomendasi bertahan di pengungsian ini datang dari Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta. "Karena BPPTK yang tahu betul kondisi Gunung Merapi, semua kebijakan pemerintah menunggu hasil dari sana," kata dia.

Purnomo lalu membandingkan erupsi Merapi tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, erupsi tahun ini lebih besar dibandingkan tahun 2006 atau sebelumnya. Tampaknya, permintaan ini dipatuhi oleh warga.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Sejak erupsi pertama, pengungsi sudah membludak di tujuh barak pengungsian yang tersebar di Kepuharjo, Glagaharjo, Umbulharjo, Purwopinangun, Hargopinangun, Wonokerto, Girikerto. Total pengungsi di barak ini mencapai 14.223 orang.

Saat Gunung Merapi sempat tenang pada Rabu lalu sehingga beberapa warga ada yang memberanikan diri kembali ke rumah mereka masing-masing untuk menyelematkan harta mereka. Namun, pantauan VIVAnews, mereka kembali ke pengungsian malam harinya.

Kamis siang, Kepala Riset Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono menegaskan Gunung Merapi masih berbahaya. Betul saja, Merapi kembali erupsi pukul 16.16 WIB.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Ketika disinggung soal biaya pengungsi, Purnomo mengatakan pemeirntah siap terus membantu pengungsi. "Hingga saat ini dana terus mengalir," kata dia. (hs)

Laporan: Fajar Sodiq | Yogyakarta

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024