AS Bantu US$2 Juta untuk Bencana RI

Scot Marciel
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan bantuan dana untuk Indonesia. Bantuan dana untuk penanganan bencana alam itu berjumlah sekitar US$2 juta.

"Karena kami peduli dengan Indonesia, maka Amerika akan memberikan donasi sebesar US$2 juta," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di sela memberikan materi kuliah umum di Universitas Indonesia, Depok, Jumat 29 Oktober 2010.

Menurut Marciel, Amerika sangat prihatin dengan bencana alam bertubi-tubi menimpa Indonesia. Bencana dari mulai gempa 7,2 skala richter yang mengakibatkan gelombang tsunami di Sumatera Barat.

Gempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat menewaskan sekitar 394 orang dan 312 orang masih dinyatakan hilang. Laporan juga menyebut 267 orang mengalami luka-luka dan 12.865 warga masih mengungsi.

Sedangkan bencana gunung Merapi yang meletus hingga kini menewaskan 34 orang dan 10 orang masih luka bakar serius. Jumlah pengungsi di Kabupaten Sleman, DIY sebanyak 17.776 orang dan di Magelang sekitar 13.757 orang.

"Atas nama kemanusiaan, kami ingin menolong Indonesia. Amerika adalah sahabat Indonesia. Maka apa yang terjadi di Indonesia, kami sangat peduli," ujar Marciel yang langsung disambut tepuk tangan antusias di Balai Sudang Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Marciel sedang menyampaikan kuliah umum bertemakan "Education under the Comprehensive Partnership". Selain dihadiri Rektor UI, kuliah umum ini juga disampaikan dalam format video konferensi dengan Rektor Universitas Riau, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Hasanuddin.

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC
Gilbert Lumoindong dan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerima permohonan maaf Pendeta Gilbert Lumoindong terkait khotbahnya yang viral di media sosial dianggap menyinggung umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024