TEKNOLOGI

18 Oktober 2009

Ditemukan, 32 Planet Baru di Luar Tata Surya

Enam dari planet-planet yang baru ditemukan berukuran beberapa kali lebih besar dari bumi

ddd
Senin, 18 Oktober 2010, 07:33
Ilustrasi planet e
Ilustrasi planet e (AP Photo/ European Organisation for Astronomical Research in the Southern Hemisphere)

VIVAnews - Pada setahun yang lalu, para ahli ilmu astronomi Eropa mengumumkan penemuan 32 planet baru di luar sistem tata surya. Menurut kantor berita Associated Press, Penemuan itu memperkuat bukti dari teori bahwa jagat semesta sebenarnya memiliki banyak tempat yang bisa membangun kehidupan.

Menggunakan teleskop dari European Southern Observatory, para peneliti mengungkapkan bahwa planet-planet yang mereka temukan berukuran tidak sama dengan bumi. Mereka menduga apakah planet-planet itu layak huni. Namun, hasil penelitian itu menambah jumlah planet yang ditemukan di luar tata surya, yaitu sebanyak lebih dari 400 buah.  

Enam dari planet-planet yang baru ditemukan berukuran beberapa kali lebih besar dari Bumi, yang diyakini bisa menampung habitat lebih dari 30 persen dari kapasitas Bumi. Sebagian besar planet yang ditemukan ada yang berukuran sama besar dari Planet Jupiter.

Sedangkan dua dari planet-planet yang baru ditemukan ada yang berukuran lima kali lebih kecil dari bumi, selain itu ada yang lima kali lebih besar dari Jupiter.

Pakar astronomi Stephane Udry dari Universitas Jenewa mengungkapkan bahwa penemuan itu mendukung teori bahwa formasi planet itu pada umumnya sama, terutama dengan menilik dari formasi-formasi bintang.

"Saya cukup yakin bahwa banyak planet berukuran mirip bumi," kata Udry dalam suatu konfrensi di Portugal. "Alam tidak mengalami vakum. Bila ada ruang, maka ada planet," lanjut Udry.

Para pakar astronomi juga menyatakan bahwa sekitar 40 persen dari bintang-bintang yang mirip matahari memiliki sejumlah planet yang ukurannya lebih mendekati Bumi ketimbang Jupiter. Massa Jupiter 300 kali lebih besar dari massa Bumi. 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
angga rangkuti
19/10/2010
iii..ngeri ahh,kemungkinan disana ada ALIEN..
Balas   • Laporkan
Deni Rusman
18/10/2010
Jika ada Planet lain yang bisa di tempati, hal yang bisa di pastikan adalah Kerusakan alam akibat tangan-tangan manusia. Kembalikan kondisi Bumi seperti sedia kala, baru Hijrah ke Planet lain. Agar kita tidak terlalu malu kepada sang Pencipta "Bumi Baru".
Balas   • Laporkan
Herry
18/10/2010
Mnrt saya planet2 di tata surya itu berpenghuni, cuma mrk tdk bs dirasakan oleh indera kt. Selama ini para ilmuwan menganalog kan luar angkasa itu sprti yg kt lihat, pdhl mungkin mereka melihat bukan dgn mata. Warna2 yg mrk liat bkn sprt warna2 yg kt liha
Balas   • Laporkan
hendracahyo
18/10/2010
agaknya para ilmuwan barat sangat takut akan terjadinya kiamat, sehingga mereka selalu berlomba-lomba mencari tempat untuk bisa hidup selain di bumi
Balas   • Laporkan
Koes
18/10/2010
wah, dinamakan apa dunia lain itu
Balas   • Laporkan
ilham nanda raudoh
18/10/2010
baguslah... kalau ada planet baru.. kemungkinan ada planet yang layak untuk kita tempati.. dan mungkin lebih baik kapasitas nya dari bumi..... jadi kita bisa ngungsi kalu planet bumi sudah lebih kapasitasnya... hehe.. terimakasih untuk para astronomi ^_^
Balas   • Laporkan
nuy
18/10/2010
SubhanaAllah,,,,,,,itu merupakan salah satu bukti dari Kekuasaan dan Kebesaran Allah SWT,,,,,,,
Balas   • Laporkan
Septian Bayu Nugraha
18/10/2010
wow,,,,impressive,,,,,thanks 4 this information
Balas   • Laporkan
phinha loueet mecssix
18/10/2010
wow,,,,, bagus lah jika ada planet baru yang berukuran sama dengan bumi,,,,,,,,,,,,,????? emmm tapi,,,,,,,, jika di sana ada kehidupan,,, apakah bisa sebagian atau seluruh manusia yabg ada di bumu pindah dan membangun kehidupan yang layak,,,,????
Balas   • Laporkan
Broken Made
18/10/2010
Salut untuk mereka yg menemukan harapan baru untuk semua mahluk hidup.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com