Mesin Pencari, Alat Marketing Efektif

Ilustrasi Mesin Pencari
Sumber :
  • keral.com

VIVAnews - Era social media (media sosial) telah datang. Berbagai perusahaan, mulai dari skala kecil-menengah hingga atas, mulai memanfaatkan media baru tersebut untuk memperkuat brand marketing-nya di pasar.

Dari sekian banyak varian layanan media sosial yang ada, salah satu yang efektif adalah dengan mengoptimalisasi fasilitas pencarian di mesin pencari.

Google, salah satu penyedia jasa mesin pencari terbesar di dunia, mengatakan kekuatan media sosial melalui fasilitas pencarian di Internet mempunyai kekuatan yang luar biasa. Menurut Sanchit Sanga, Regional Director GroupM Search, brand marketing melalui Internet (online) akan berjalan efektif ketika mulai diimplementasikan ke ranah dunia nyata (offline).

Brand marketing produk Anda akan terbantu dengan popularitas Google sebagai mesin pencari terbesar di global,” kata Sanchit di sela acara GroupM Leadership Series 2010: Digital Is Now! di Jakarta, Senin 4 Oktober 2010. “Meski demikian, Anda juga bisa menemukan layanan yang serupa pada Yahoo atau Bing,” ucapnya.

Mengutip Piper Jaffray dari artikelnya yang bertajuk The User Revolution: The New Advertising Company, Sanchit mengatakan, pencarian merupakan cara navigasi bagi semua orang yang berselancar di Internet.

“Mesin pencari adalah layanan kedua terbesar yang digunakan pengguna Internet setelah e-mail,” ucap Sanchit. “Sekitar 74 persen responden yang kami survey mengatakan tidak bisa hidup tanpa pencarian,” paparnya.

Jika dikaitkan dengan brand marketing, hanya sekitar 39 persen masyarakat yang terpengaruh dengan channel offline seperti TV, radio, media cetak tanpa melalui Internet. “Sementara itu, sekitar 67 persen pengguna mesin pencari online selalu melakukan pencarian tentang produk yang ia ingin tahu di Google atau layanan sejenisnya,” ucap Sanchit.

“Ini menandakan peran social media akan lebih diperkuat dengan memanfaatkan fasilitas search melalui mesin pencarian di Internet,” ucap Sanchit.

Cak Imin Sebut Sosok Cagub Jatim dari PKB Harus Pede Lawan Khofifah: Kita Pertimbangkan Ketokohan
Hakim Konstitusi Arief Hidayat (kiri) dan Suhartoyo (kanan) saat mengikuti sidang putusan.

Kelakar Hakim Arief Hidayat Sebut PPP Tak Lolos DPR gegara Ditinggal Arsul Sani

Arsul Sani merupakan eks politikus PPP yang sempat jabat Anggota DPR. Arsul kini jabat hakim konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024