Spam Kuasai 92 Persen Peredaran Email

Ilustrasi Email Spam
Sumber :
  • seobook.com

VIVAnews - Menurut laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security Agustus 2010, tercatat bahwa spam menyumbang 92,51 persen dari keseluruhan trafik pesan atau email di bulan Agustus 2010. Angka ini naik dibanding bulan Juli lalu yang mencapai 91,89 persen.

“Pada laporan bulan Juli 2010, tercatat fokus para spammer adalah mengirimkan email spam yang mengandung malware,” sebut juru bicara Symantec, pada keterangannya, 26 September 2010. “Setelah berhenti selama sebulan, serangan kembali spam dengan malware kini kembali marak.”

Symantec menyebutkan, kini pesan dengan malware kembali menjadi salah satu ancaman terdepan dari daftar ancaman spam. Contohnya adalah spam dengan lampiran file *.zip.

“Selain lampiran *.zip, muncul juga spam dengan lampiran *.html berisi  javascript yang merusak,” sebut Symantec. “Dari sisi volume, Symantec menyebutkan, malware spam meningkat 3 kali lipat dan  spam dalam bentuk lampiran .zip mengalami peningkatan 4 kali lipat dari bulan sebelumnya.”

Secara keseluruhan, Symantec mencatat, pesan phising meningkat 11 persen dibanding bulan Juli. “Penambahan ini sebagian besar disebabkan adanya peningkatan serangan toolkit secara otomatis,” sebut Symantec.

Selain itu, situs web yang dibuat dengan toolkit otomatis juga naik sebanyak 92 persen. URL unik mengalami sedikit peningkatan 3 persen dan situs web dengan IP domain (contoh, domain seperti http://255.255.255.255) meningkat signifikan sebanyak 147 persen.

“Layanan webhosting menyumbang 14 persen dari keseluruhan phising atau mengalami peningkatan sebesar 1 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” sebut Symantec. “Adapun jumlah situs phising non-Bahasa Inggris mengalami sedikit peningkatan sebesar hampir 1 persen.”

Di antara situs phising non-Bahasa Inggris, situs dalam bahasa Prancis dan Italia merupakan situs spam yang paling banyak hadir sepanjang bulan Agustus.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024