TEKNOLOGI

Ponsel Pintar

BlackBerry Bold 9000 Review

Researh In Motion (RIM) hadirkan ponsel BlackBerry terbaru yakni Bold seri 9000.

ddd
Jum'at, 26 Desember 2008, 08:57
 
  (VIVAnews)

Setelah mendulang sukses dengan BlackBerry Curve dan Pearl, Research In Motion (RIM) memperkenalkan jajaran ponsel terbarunya bernama BlackBerry Bold 9000. Apa kelebihan dan kekurangannya?

Masih membidik segmen pasar high end, terutama kalangan eksekutif, RIM melengkapi BlackBerry Bold 9000 dengan fitur-fitur lebih lengkap yang mampu menunjang kebutuhan bisnis. Bold juga didesain lebih elegan dibanding seri sebelumya, disesuaikan dengan gaya hidup pengguna yang dituju.

Fitur
Sejumlah fitur yang terintegrasi di dalam Bold bisa dibilang sudah cukup untuk mendukung kebutuhan. Sebut saja sejumlah aplikasi kerja yang dibuat khusus di atas platform OS BlackBerry, WordToGo untuk applikasi yang mendukung Microsoft Word dan SlideshowToGo untuk Microsoft PowerPoint.

Tak hanya itu, seperti pada seri BlackBerry lainnya, Bold juga mempunyai fitur e-mail, internet browser, dan BlackBerry Messenger. Fitur terakhir bisa diperkaya dengan mengunduh GoogleTalk, Yahoo!Messenger, ataupun MSN Messenger, melalui situs resmi Google, Yahoo, dan MSN.

Menariknya, untuk fitur e-mail, tampilannya kini mendukung halaman HTML. Kendati tidak sama persis, file e-mail yang masuk akan dirender secara otomatis terlebih dulu oleh server BlackBerry. Sehingga, tampilan sekaligus settingnya dibuat lebih bersahabat. Pengguna juga bisa melampirkan attachment berformat .jpg, .pdf,  .doc, .xls dan .ppt ketika mengirim e-mail.

Spesifikasi BlackBerry Bold 9000

Fitur
* Camera (2.0 MP) * Built-in GPS * Media Player * Video Recording
* BlackBerry® Maps * Browser * Phone * Wireless Email * Organizer 
* Corporate Data Access * SMS/MMS * Wi-Fi® support

Dimensi dan Berat
Tinggi 4.48 inci (114mm), Lebar 2.6 inci (66mm),Tebal 0.59 inci (15mm)
Berat 4.8 ounces (136 grams)

Layar
* Half VGA resolution 480 x 360 pixel color display
* Transmissive TFT LCD * Font size (user selectable)
* Backlighting * Light sensing screen * Displays over 65,000 colors

Input Data & Navigasi
* Trackball * QWERTY keyboard * Keyboard backlighting

Input & Output Suara
* 3.5mm stereo headset capable * Integrated earpiece/ microphone * Built-in speakerphone
* Mono/stereo headset, hands-free and serial port profiles supported (Bluetooth® technology)

Pemutar Media
* Video format support: DivX 4, DivX 5/6, XviD partially supported, H.263, H.264, WMV3
* Audio format support: .3gp, MP3, WMA9 (.wma/.asf), WMA9 Pro/WMA 10, MIDI, AMR-NB, Professional AAC/AAC+/eAAC+

Ringtone & Notifikasi
* Polyphonic/MIDI ringtone * 32 ringtone polyphonic – MIDI, SP-MDI, MP3, WAV
* mode getaran (vibrate) * indikator LED

Kamera & Kamera Video (untuk merekam)
* Kamera: 2.0 MP (JPEG encoding) with flash, 3x digital zoom
* Kamera Video: Tergantung seberapa besar memori yang tersedia. Tambahan microSD direkomendasikan untuk melakukan rekaman gambar bergerak.

Keamanan
* Proteksi dengan password and penguncian keyboard
* Mendukung AES atau enkripsi Triple DES saat terintegrasi dengan BlackBerry Enterprise Server
* FIPS 140-2 Compliant (Validasi FIPS masih dikembangkan)
* Mendukung S/MIME (optional)

GPS & BlackBerry Maps
* GPS dengan ephemeris tambahan * BlackBerry Maps

Konektivitas
* Bluetooth v2.0; mono/stereo headset, handsfree, mendukung Serial Port Profile
* Bluetooth Stereo Audio (A2DP/AVCRP)
* Wi-Fi: 802.11a/b/g

Jaringan Nirkabel
* UMTS: 2100/1900/850 MHz
* GSM: 1900/1800/900/850/MHz

Selain dibenamkan GPS dan BlackBerry Maps sebagai penunjuk arah, Bold juga dilengkapi kamera berkemampuan 2.0 megapiksel. Fitur digital zoom, flash, dan cermin untuk mengambil gambar dan merekam gambar bergerak disediakan.

Kekurangannya, fitur geotagging pada kamera yang tersedia hanya bisa optimal pada kondisi outdoor. Tak cuma itu, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan di malam hari, perlu ada dukungan lampu yang cukup. Bila tidak, hasil jepretan malam hari pasti tidak lebih baik dari siang hari. Hal ini disinyalir karena kemampuan auto-white balance Bold masih belum sempurna.

Pengguna Bold juga dimungkinkan untuk mengunduh aplikasi bisnis ataupun umum lainnya, seperti Viigo untuk RSS, gameloft, Facebook, Opera Mini, dan semacamnya. Pengguna dapat mengunduhnya via situs resmi BlackBerry di sini.

BlackBerry Bold 9000BlackBerry Bold 9000

BlackBerry Bold 9000

 

 

 

Multimedia
Selain didukung dengan built-in speakerphone dan handset Bluetooth untuk memudahkan pengguna melakukan panggilan, Bold juga menyuguhkan kualitas suara yang jernih sebagai output audio multimedia. 

Kualitas itu juga didukung kemewahan fitur multimedia di dalamnya yang meliputi Media Player, BlackBerry Media Sync untuk sinkronisasi file musik dari iTunes, dan Roxio Media Manager untuk memanage file multimedia. Tak cuma itu, pengguna Bold juga dimungkinkan untuk menikmati suara maupun gambar bergerak secara real-time dengan Mobile Streaming. Tentunya, hal ini hanya dimungkinkan bila kualitas jaringan ISP berada di level 3G atau HSPA.

Konektivitas
Untuk mengirimkan data atau file ke perangkat lain atau PC, pada Bold tersedia kabel mini USB dan bluetooth. Kabel USB juga dapat digunakan untuk sinkronisasi data dan charging. Sedangkan bluetooth-nya bisa untuk handsfree dan stereo headset A2DP.

Khusus layanan data (internet), di Indonesia, BlackBerry bekerja sama dengan tiga operator telekomunikasi besar, yakni XL, Indosat, dan Telkomsel. Selama memakai layanan Indosat, VIVAnews hanya menemui kesulitan akses internet bila berada di daerah terpencil. Selebihnya, akses data berjalan cukup baik. Demikian pula ketika menggunakan fitu wi-fi.

Terkait akses Internet, perlu diketahui, dengan dukungan format HTML dan video streaming RTSP, browsing dengan Bold benar-benar bersahabat. Hanya saja, saat melihat situs berkonten video streaming, tampilannya akan berganti secara otomatis menjadi format WAP.

BlackBerry Bold 9000Desain
Dilihat fisiknya, kami akui Bold memang memiliki desain yang seksi dan elegan. Kontras warna hitam glossy dengan metal berwarna silver doff menunjukkan kelasnya yang memang disasar untuk hi-end user.

Berbicara kualitas layar, Bold memang lebih baik dibandingkan Pearl dan Curve. Layar transmissive TFT LCD VGA beresolusi 480 x 360 piksel yang memiliki 65.000 warna, visual yang disuguhkan Bold sangat tajam dan penuh warna. Kemampuan layarnya ini dilengkapi dengan backlight yang mampu mempertahankan gambar terlihat jelas dan terang meski di bawah sinar matahari.

Untuk input, trackball dan sususan keyboard QWERTY dengan backlight masih menjadi ciri khas BlackBerry pada Bold-nya.

Kinerja
Secara menyeluruh, kinerja BlackBerry Bold bisa dikategorikan sangat baik. VIVAnews tak menemukan masalah ketika mengoperasikan pemutar musik, Yahoo!Messenger, browser, dan WordToGo, secara bersamaan. Tak mengherankan mengingat prosesor Bold memiliki kecepatan 624MHz serta didukung flash memori 128MB.

Kekurangan yang paling terasa adalah pada waktu start-up. Bold bisa memakan waktu yang cukup lama untuk masuk ke halaman utama, yakni sekitar 4-5 menit. Ironinya, persoalan ini merupakan keluhan klasik pengguna BlackBerry pada seri-seri sebelumnya dan belum teratasi sampai saat ini. Dari sisi kekuatan baterai, Bold mampu bertahan 1,5 hari dalam pemakaian normal, termasuk melakukan panggilan dan tersambung internet. 

Kesimpulannya, secara keseluruhan, bila disejajarkan dengan ponsel pintar lainnya, kemampuan Bold cukup memuaskan. Tidak heran kalau Bold menjadi ponsel pintar yang paling dicari di di Indonesia beberapa bulan terakhir meskipun harganya berkisar antara 8 sampai 8,5 juta rupiah.

Kelebihan:
- Kinerja bagus
- Fitur kerja dan multimedia lengkap
- Layar cerah dan tajam

Kekurangan:
- Kecepatan start-up yang sangat lambat
- Geotagging hanya optimal di outdoor, auto white balance masih kurang maksimal



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
theo
24/01/2011
ketahanan baterainya hanya maksimum 8jam.. mo tanya baterai bold gampang rusak or bocor?
Balas   • Laporkan
kathrien
28/04/2010
saya tidak tahu harus kemana menyampaikan keluhan saya. yang jelas saya benar2 kecewa atas pelayanan blackberry. saya benar2 merasa tertipu. blackberry bold yg dibawa untuk diservice, ternyata mesinnya ditukar!!! di blacberry service center fatmawati. sa
Balas   • Laporkan
fadhil andrianto
24/03/2010
sama dengan halnya wira, bb saya pun tombol angkanya putih smua .. apakah ini sebenarnya bb asli atau palsu, tolong balas ke email saya , terima kasih banyak ..
Balas   • Laporkan
fadhil andrianto
24/03/2010
saya juga begitu , ditombol nya warna angkanya putih smua , tidak ada yang merah sama sekali , apakah sebenarnya ini bb asli atau palsu , saya juga bingung , apakah ini merupakan bb asli atau palsu .. mohon di balas email ke email saya ,, terima kasih ban
Balas   • Laporkan
wira
20/11/2009
kenapa bb bold saya ngak isi bb map? dan ditombolna warna anggkana tidak merah alias seua putih? dan sarung bold saia berbeda, seperti sarung yang dikaitkan ke sabuk tpi sama juga sarungna isi magnet an logo bb? terima kasih
Balas   • Laporkan
hendra p. Dona
03/08/2009
Aku sangat suka dengan blackberry bold. Bahkan menjadi ponsel impianku saat ini. Kira, brp harga blackberry bold sekarang? Dan dimana aku bisa mendapatkan bleckberry bold di lampung?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id