RIM Caplok Perusahaan Aplikasi Dokumen Mobile

Kantor pusat RIM, produsen BlackBerry di Kanada
Sumber :
  • rim.com

VIVAnews - Perusahaan pembuat perangkat BlackBerry, Research In Motion (RIM) baru-baru ini mengakuisisi DataViz, perusahaan pengembang aplikasi penyunting dokumen Microsoft Office di perangkat mobile.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Seperti dikutip dari situs InformationWeek, RIM mengakuisi hampir semua aset dan karyawan DataViz. Situs CrackBerry pertama kali memunculkan rumor akuisisi ini setelah beberapa karyawan DataViz mengupdate profil LinkedIn mereka.

RIM tidak memberitahukan berapa nilai dari akuisisi ini. Namun, CrackBerry mengatakan nilai akuisisi adalah sebesar US$50 juta (sekitar Rp 450 miliar).

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Ini merupakan akuisi terakhir setelah RIM mengakuisisi perusahaan spesialis penyedia infrastruktur untuk toko aplikasi virtual, Cellmania. 

DataViz adalah pengembang aplikasi Document To Go, penyunting dokumen Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, di berbagai jenis mobile, meliputi iPhone, iPad, Android, BlackBerry, Maemo, PalmOS, dan Windows Mobile.

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Pada platform iOS, Document To Go adalah salah satu aplikasi Office yang baik. Namun di platform itu juga ada aplikasi kompetitornya yakni QuickOffice dan Office.

Sementara pada platform Android, Document To Go bersaing dengan Androffice, yang bekerja dengan Google Docs. 

Sementara di platform Windows Mobile dan Windows Phone, Microsoft juga telah membuat versi aplikasi Office resminya. Namun, DataViz memang tidak menyediakan aplikasi untuk sistem operasi WebOS.

Belum jelas, apakah nantinya RIM masih akan tetap memberikan dukungan pengembangan terhadap aplikasi-aplikasi di berbagai platform tadi. Namun, dengan akuisisi ini, RIM bisa saja menyediakan versi gratis dari Document To Go kepada para pengguna BlackBerry. (adi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya