TEKNOLOGI

Layanan WAN di Asia Pasifik Tembus US$ 13 M

Menurut Frost & Sullivan, layanan WAN (wide area network) di Asia Pasifik meningkat 10%.

ddd
Jum'at, 4 Juni 2010, 15:49
 
  (tomshardware.com)

VIVAnews - Pasar layanan WAN (wide area network) di Asia Pasifik diperkirakan mencapai US$ 13,3 miliar pada 2010, atau meningkat 10 persen dibanding 2009 yang terbukukan US$ 12 miliar.

Prediksi itu dilontarkan oleh lembaga riset Frost & Sullivan baru-baru ini yang diperoleh VIVAnews dari keterangan persnya, Jumat 4 Juni 2010.

Untuk diketahui, WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar, seperti jaringan komputer antarwilayah, antarkota bahkan antarnegara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Menurut temuan Frost & Sillivan, di Asia Pasifik, pertumbuhan pasar WAN tahun lalu tidak terlalu baik, hanya di kisaran angka 6,2 persen, yang disebabkan oleh pengaruh resesi global. "Pertumbuhan akan didorong dengan perluasan cabang suatu perusahaan di kawasan lain dan konsolidasi dari layanan data center itu sendiri," jelas Eugene van de Weerd, country director Frost & Sullivan Indonesia.

Mulai tahun ini, dia memperkirakan, pertumbuhan per tahun dari layanan WAN akan berkisar 10 persen hingga 2013, sebelum akhirnya menurun. Layanan Ethernet dan IP VPN (Internet Protocol Virtual Private Network) diharapkan meningkat dalam periode ini.

"Konvergensi dari suara, video, dan data meningkatkan permintaan untuk layanan MPLS IP VPN (Multi-protocol Label Switching IP VPN), TCO (Total Cost of Ownership) yang rendah dan koneksi beragam situs yang mudah,” ujar Eugene.

Analisis baru bertajuk Frost & Sullivan Asia-Pacific WAN Services Market meliputi 13 negara Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang. Pada laporan tersebut, diperkirakan pasar meningkat pada angka CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 9,4 persen (2009-2016), dan menghasilkan pendapatan sebesar US$ 22,6 miliar pada akhir 2016. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id