Google Serius Garap Bisnis Media Sosial

Google Buzz
Sumber :
  • google.com

VIVAnews - Google berencana meningkatkan upaya pengembangan bisnis media sosialnya untuk bisa menyaingi kompetitor besar, termasuk Facebook dan Twitter.

Hal ini disinyalir karena visit (kunjungan) pada situs jejaring sosial terpopuler dan terbesar di dunia saat ini, yakni Facebook, telah melampaui visit raksasa mesin pencari asal Mountain View, California itu.

Seperti disiarkan VIVAnews sebelumnya, lembaga analis jejaring Experian Hitwise menyebutkan bahwa jumlah pengunjung Facebook jauh lebih banyak dari pengunjung Google hingga 13 Maret 2010.

Ini bukanlah upaya Google yang pertama kali. Sebelumnya, perusahaan yang berdiri sejak 1998 ini sudah meluncurkan dua produk social media, yaitu Buzz dan Orkut. Namun, hasilnya kurang memuaskan. Seperti diketahui, Facebook bersama Twitter menjadi dua pemimpin besar sementara ini.

Liz Gannes dari GigaOm telah berbincang-bincang dengan salah satu eksekutif Google terkait rencana mereka untuk meningkatkan kekuatannya di ranah jejaring sosial. "Google tahu bahwa mereka terlambat untuk mengembangkan media sosial, dan mereka mengakui hal itu," ujar Liz, seperti dikutip dari laman CNN, Selasa 11 Mei 2010.

Dia menjelaskan, dalam pandangan Google, secara konseptual, ada dua cara untuk mengatasinya. Pertama, membangun sesuatu yang inovatif dan baru di lingkungan jejaring sosial. Kedua, mengembangkan kemampuan media sosial mereka dan mengintegrasikannya ke dalam portofolio bisnis yang sudah ada.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

"Alternatif lain, adanya kemungkinan Google membeli sebuah situs jejaring sosial yang sudah ada, lalu mengembangkannya," ucap Gannes. (art)

Ilustrasi Paspor

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Saat ini, paspor semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, disita. Mereka juga saat ini tinggal di sebuah hotel sementara itu kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024