Mobile Education Digelar di 15 Sekolah

Pelatihan Guru Canggih oleh Telkomsel, Intel dan Cisco
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Chandrataruna

VIVAnews - Menyambut hari pendidikan nasional, Telkomsel bekerja sama dengan Intel, Cisco, dan Packet System, meluncurkan program Gaptek Jadi Melek. Program ini merupakan upaya kepedulian pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap dunia pendidikan.

Pada program yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan ini, Telkomsel menggelar rangkaian roadshow edukasi di 15 sekolah berupa penyediaan mobil edukasi keliling sebanyak empat unit.

Bersama Intel dan Cisco, anak perusahaan TelkomGroup ini juga menyumbang perangkat teknologi dengan total senilai Rp 200 juta, yang meliputi komputer full set yang dilengkapi software pendidikan interaktif, laptop, modem Telkomsel Flash, jaringan Wi-fi sekolah dengan router milik Cisco, pelatihan murid dan guru bersertifikasi.

“Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi digital, melalui momentum hari pendidikan nasional sekaligus ulang tahun Telkomsel yang ke 15 tahun, Telkomsel bersama Intel, Packet System, dan Cisco yang tergabung dalam komunitas peduli ICT berupaya membantu meminimalisasi kesenjangan digital melalui program Gaptek Jadi Melek,” kata Irwin Sakti, vice president Area Jabotabek Jabar Telkomsel di Depok, Kamis 29 April 2010.

Nantinya, Irwin menjelaskan, mobile education yang telah dilengkapi dengan berbagai perangkat teknologi ini akan berkeliling ke 15 sekolah di lima titik yang tersebar di Depok, Tangerang, Serang, Karawang, dan Bogor.

“Dalam roadshow tersebut, kami memperkenalkan manfaat dari TI melalui Pelatihan Guru dan Murid Canggih, yang didukung dengan infrastruktur dasar TI, yakni Wi-fi Cisco dan komputer server serta laptop dari Intel,” ucap Irwin.

“Hal ini kami persiapkan untuk menyambut era sinergi teknologi, misalnya sekolah online yang terhubung satu sama lain, serta akses berbagai info sekolah seperti jadwal ujian, absensi, dan sebagainya melalui ponsel maupun perangkat lainnya,” kata Irwin.

Pelatihan Guru Canggih akan mengantarkan pengalaman baru bagi para pengajar, dengan memanfaatkan perangkat teknologi untuk membantu kegiatan belajar mengajar melalui tampilan multimedia yang interaktif.

Demikian pula Program Pelatihan Murid, yang menyajikan cara-cara mudah berkenalan dengan Internet, e-mail, blogging, dan website, yang nantinya akan dipakai sebagai media komunikasi hingga promosi sekolah. (art)

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024