BUMA Adopsi Solusi ERP SAP

ilustrasi pertambangan
Sumber :

VIVAnews - Memperkuat posisinya sebagai perusahaan software bisnis di Tanah Air, SAP Indonesia mengakuisisi pelanggan baru, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA). Hal ini ditandai dengan adopsi solusi enterprises resource planning (ERP) milik SAP oleh perusahaan kontraktor yang memiliki lebih dari 9.700 karyawan itu.

ERP, atau dikenal juga dengan perencanaan sumber daya perusahaan, merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di dalam perusahaan.

SAP ERP berfungsi untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi keuangan, manajemen sumber daya manusia, operasional, dan layanan perusahaan. Di Indonesia, SAP melaporkan lebih dari 560 perusahaan yang telah mengimplementasikan solusi ERP-nya.

"Dalam upaya kami untuk menjadi pemimpin dalam layanan penambangan melalui kemitraan pilihan jangka panjang, kami mengerti bahwa kami perlu untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis kami," kata Budikwanto, Presiden Direktur BUMA, dalam keterangan yang dikutip VIVAnews, Minggu 11 April 2010.

"Setelah mengalami pertumbuhan yang solid selama sepuluh tahun terakhir ini, kami merasa ini adalah saat yang tepat untuk mengimplementasikan SAP," ujarnya.

Sebelumnya, diakui Budikwanto, BUMA mengandalkan sistem manual untuk menjalankan operasional bisnis. "Kami memiliki beberapa sumber data, dan oleh karena itu keakuratan data menjadi isu. Membuat laporan membutuhkan waktu lama. Masalah-masalah ini mengganggu proses pengambilan keputusan," jelasnya.

Inspirasi Membantu Sesama
Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024