TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Teletama, Distributor Lokal BB Non-Operator

Selain BlackBerry, Teletama adalah distributor Samsung dan Sony Ericsson.
Teletama, Distributor Lokal BB Non-Operator
Salah satu toko yang menjual BlackBerry (keytime.biz)

VIVAnews - Untuk mendukung pemasaran BlackBerry di Indonesia lewat jalur non-operator, mitra distributor global BlackBerry, Brightpoint, akan menggandeng distributor lokal, yaitu Teletama Artha Mandiri.

"Kami akan bekerjasama dengan Teletama untuk memasarkan BlackBerry di sini," kata Paul Ringrose, Chief Financial Officer Brightpoint Asia Pacific, saat peluncuran kerja sama Research In Motion dan Brightpoint, di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu 31 Oktober 2010.

Untuk tahap awal, Teletama akan mendukung penjualan perangkat BlackBerry di 80 gerai penjualan di tujuh kota besar, yakni di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Gerai-gerai tadi akan menyediakan beberapa model perangkat BlackBerry meliputi BlackBerry seri Bold 9700, BlackBerry Bold 9000, BlackBerry Curve 8900, dan BlackBerry Curve 8520.

Teletama sendiri, selama ini menjadi distributor Samsung dan Sony Ericsson di Indonesia. Perusahaan dengan 400 karyawan itu memiliki 20 kantor cabang dan memiliki jaringan hingga 2000 pedagang ponsel di seluruh Indonesia.

"Sebagai distributor non-operator, kami memiliki kelebihan, yakni netralitas terhadap layanan BlackBerry di tiap operator," kata Iwan Gunawan, Marketing Manager Teletama Artha Mandiri, di acara yang sama.

Di samping itu, kata Iwan, apa yang ditawarkan Teletama tidak berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh operator. "Harga perangkat Blackberry yang kami tawarkan, kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan oleh operator." kata Iwan.

Untuk sementara Teletama belum memberikan layanan value added service kepada pelanggan BlackBerry. "Untuk saat ini kami menjual BlackBerry 'kosongan'," Iwan melanjutkan. "Ke depan tentu kami akan menggandeng operator untuk menyediakan aplikasi BlackBerry lokal."

Menurut Iwan, RIM membuat kanal distribusi di luar operator, mengingat begitu besarnya potensi pertumbuhan BlackBerry di Indonesia. Sementara itu, operator, sebagai mitra distributor dan penyedia layanan BlackBerry selama ini, juga merasa tak terganggu dengan hadirnya distributor non-operator.

Selain mampu memperbesar penetrasi layanan BlackBerry di Indonesia, kanal distribusi baru BlackBerry ini, akan membuat Harga handset BlackBerry menjadi jauh lebih terjangkau. "Kebijakan baru RIM ini bukan jadi ancaman, tapi justru peluang bagi operator," kata Agung.

Brightpoint, mitra distributor global BlackBerry yang menggandeng Teletama, mengaku akan mempertimbangkan kerjasama dengan distributor lain, bila merasa diperlukan. "Kami terbuka untuk bekerja sama dengan distributor lokal lain, untuk bersinergi dengan Teletama," kata Paul.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP