RIM Sediakan Kanal Penjualan BB Non-Operator

VIVanews - Untuk menggenjot pertumbuhan penjualan dan layanan BlackBerry, hari ini, vendor ponsel pintar asal Kanada Research In Motion mengumumkan kanal penjualan baru mereka.

Kini, RIM tak cuma mengandalkan kanal distribusi lewat operator, tapi juga melalui jaringan mitra distribusi yang mereka tunjuk untuk membantu pemasaran di seluruh wilayah Asia, yaitu Brightpoint.

Menurut Distribution Director, Research In Motion Asia Pasifik, Hasting Singh, penunjukan Brightpoint sebagai kanal distributor baru di wilayah Asia, merupakan upaya RIM untuk mempermudah konsumen untuk membeli dan menggunakan perangkat BlackBerry.

"Indonesia adalah negara pertama di Asia yang akan menikmati kanal penjualan baru dari jaringan distribusi Brightpoint," kata Singh, di acara peluncuran kerja sama RIM dengan Babout:blankrightpoint, di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu 31 Maret 2010.

Brightpoint sendiri baru kali ini masuk ke wilayah Indonesia, dan belum memiliki pengalaman penjualan. Oleh karenanya, ia menggandeng mitra distributor lokal untuk memasarkan BlackBerry di Indonesia.

"Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan kompleks. Kami terbuka untuk bekerja sama dengan distributor lokal," ujar Paul Ringrose, Chief Financial Officer Brighpoint Asia Pacific, di tempat yang sama.

Untuk sementara ini, Brighpoint akan mendistribusikan ponsel BlackBerry seri Bold 9700, BlackBerry Bold 9000, BlackBerry Curve 8900, dan BlackBerry Curve 8520 di 80 titik penjualan, di beberapa kota besar di Indonesia.

Saat ditanya kenapa RIM tak bekerja sama dengan distributor lokal secara langsung, untuk mendongkrak penjualan mereka di Indonesia, Singh mengatakan bahwa Brightpoint merupakan mitra distributor global RIM yang telah teruji mampu memperkuat penjualan BlackBerry.

Brightpoint sendiri adalah perusahaan yang didirikan pada 1989 di Indianapolis Amerika Serikat dan menyediakan jasa distribusi perangkat nirkabel di seluruh dunia.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Hingga tahun lalu, Brightpoint telah menangani sekitar 84 juta handset dan menjangkau 25 negara di Amerika, Asia Pasifik, Eropa Timur dan Timur Tengah, melalui 100 ribu titik penjualan ritel.

Tak hanya menyediakan kanal distribusi penjualan, Brighpoint juga diberikan keleluasaan untuk menambahkan layanan value added service dan kustomisasi terhadap paket penjualan perangkat BlackBerry di Indonesia.

Division Head BlackBerry & Customer Device Indosat, Agung Wijanarko, menganggap kanal distribusi baru BlackBerry ini sebagai bentuk upaya RIM memerangi maraknya penjualan BlackBerry tak resmi di Indonesia.

"Strategi RIM dengan kanal baru distribusi ini adalah untuk meredam populasi handset BlackBerry tak resmi, bukan karena operator kurang optimal dalam memasarkan BlackBerry," kata Agung.

Strategi ini, kata Agung, justru menguntungkan operator, karena bisa memperbesar penetrasi layanan BlackBerry yang hanya bisa disediakan oleh operator. "Kebijakan baru RIM ini bukan jadi ancaman, tapi justru peluang bagi operator," kata Agung.

Indosat sendiri, tidak secara spesifik menyokong platform ponsel pintar tertentu. Bahkan akhir-akhir ini, Indosat begitu getol menyokong pengembangan Android di Indonesia, yang menurut Agung dibutuhkan sebagai penyeimbang bagi dominasi BlackBerry di Indonesia.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Alasan tim Ganjar-Mahfud bahwa perolehan suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 dalam perhitungan KPU merupakan hasil kecurangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024