Apple Buat Jejaring Sosial untuk Ponsel

VIVAnews - Tak mau ketinggalan dengan para pesaing lainnya, akhirnya Apple juga turut menggarap sebuah jejaring yang menawarkan fitur geolokasi.

Baru-baru ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California Amerika Serikat (AS), itu mendaftarkan sebuah paten aplikasi di bidang jejaring sosial mobile, yang kemungkinan besar, bakal diperuntukkan bagi ponsel pintar besutannya, iPhone.

Dalam pengajuan paten kepada US Patent and Trademark Office (kantor paten AS), yang bertitel 'Group Formation Using Anonymous Broadcast Information' itu, Apple berencana untuk membuat sebuah jejaring sosial yang menawarkan data lokasi geografik yang terhubung dengan iPhone, maupun dengan ponsel merek lain.

Seperti dikutip dari situs Patentlyapple.com, Melalui jejaring sosial yang dinamakan iGroups itu seseorang bisa terhubung dengan kawan pengguna ponsel lain yang berada di dekat lokasinya.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Mereka dapat berbagi informasi dan berkirim pesan secara seketika melalui pesan instan, SMS, maupun email, baik mengirimnya sendiri-sendiri maupun langsung ke seluruh anggota group.

Mereka juga bisa saling bertukar jadwal kalendar, mengundang ke sebuah event, mengundang rekan lain yang belum menjadi anggota grup untuk masuk grup itu.

Dengan menggunakan layanan MobileMe milik Apple, para pengguna ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur penentu lokasi GPS (Global Positioning System), tetap dapat berpartisipasi di jejaring iGroups, dengan fitur virtual GPS yang dimilikinya.

Konsep jejaring sosial iGroups yang dipatenkan Apple

Aplikasi ini memang tak begitu berbeda dengan aplikasi-aplikasi geolokasi lain seperti Foursquare, Gowalla, Whrrl, Loopt, dan lain-lain. Namun, bisa jadi ini merupakan langkah Apple untuk bisa terus berkompetisi dengan Google yang sebelumnya telah memiliki fitur lokasi Google Latitude.

Sebelumnya, Apple juga telah menolak kehadiran Google Voice di App Store, dan menolak aplikasi Google Latitude pada iPhone.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Belakangan, Apple malah juga membeli perusahaan PlaceBase dan merekrut CEO perusahaan itu, Jaron Waldman, sebagai anggota dari 'Geo Team' (tim yang menggarap fitur geolokasi)  Apple.

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024