BlackBerry Tak Resmi Masih Dominasi Pasar

VIVAnews - Walau Indonesia dikenal sebagai 'negeri BlackBerry', ternyata perangkat BlackBerry resmi masih saja mendominasi Indonesia.

Menurut GM Sales XL Handono Warih, porsi BlackBerry resmi yang beredar di pasaran masih belum bisa mengalahkan porsi  BlackBerry yang berasal dari sumber distributor tak resmi.

"Kira-kira perbandingannya adalah 60 banding 40 persen," kata Warih kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 8 Maret 2010. Meskipun demikian, porsi tersebut sudah lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurutnya, jumlah perangkat BlackBerry resmi mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. "Sekarang, komposisinya mulai seimbang, tidak terlalu timpang seperti tahun lalu," ia menambahkan.

Selain itu, tentu saja, itu tak lepas dari semakin banyaknya operator yang menyediakan layanan BlackBerry sekaligus menjadi distributor resmi perangkat tersebut. "Peningkatan ini juga ditunjang dengan tumbuh pesatnya pengguna BlackBerry baru yang membeli lewat operator.

Menurut Warih, persentase untuk perangkat BlackBerry resmi meningkat karena didorong tingginya minat dan kepercayaan pengguna akan layanan nilai tambah yang diberikan BlackBerry resmi, seperti bonus sampai garansi resmi Research In Motion (RIM) untuk layanan dan servis.

Masyarakat, dinilainya sudah semakin cerdas dalam memilih perangkat yang resmi dan bergaransi RIM. Hingga kini, ada lebih dari 800 ribu pengguna BlackBerry di Indonesia 

Sebagai vendor pembuat perangkat BlackBerry, RIM menganggap handset yang dijual di luar distributor resmi (operator) adalah BlackBerry ilegal. Namun, pemerintah menilai, selama perangkat BlackBerry impor yang beredar memiliki nomor induk importir, mereka boleh diperjualbelikan.

Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangannya. Yang resmi harganya lebih murah tapi tidak mendapat garansi, sedangkan yang resmi, lebih mahal tapi dapat garansi.

Tahun lalu, Warih menuturkan, perbandingan BlackBerry tak resmi dan resmi adalah 75 banding 25. "Sekarang sudah lebih mendingan," kata dia. Kini, ada enam operator yang secara resmi memasarkan perangkat BlackBerry beserta layanannya, yaitu Indosat, Telkomsel, XL, Axis, 3, dan Smart Telecom. 

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024