TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI
Komputer Jinjing

Ideapad S10-3T, Netbook Tablet a la Lenovo

Banyaknya pilihan netbook yang beredar membuat Lenovo perlu membuat produk yang berbeda.
Ideapad S10-3T, Netbook Tablet a la Lenovo
Lenovo IdeaPad S10-3t (lenovo.com)

VIVAnews - Derasnya netbook yang masuk ke Indonesia mendesak para produsen perlu membuat terobosan dan inovasi yang mampu membuat netbook buatannya diperhitungkan oleh pengguna.

Untuk itu, Lenovo memperkenalkan dua varian netbook terbarunya, Ideapad S10-3 dan Ideapad S10-3T. Menariknya, untuk Ideapad S10-3T, Lenovo menyuguhkan netbook yang dapat disulap menjadi tablet PC.

Memiliki layar sebesar 10 inci yang bisa diputar 360 derajat, pengguna bisa memilih navigasi pada Ideapad S10-3T melalui trackpad maupun layar sentuh multi-touch.

Keunggulan lainnya, netbook tablet ini dilengkapi dengan aplikasi VeriTouch, VeriFace, Lenovo Direct Share, Active Protection System, dan Natural Touch.

“Sama halnya dengan VeriFace, Veritouch berfungsi sebagai aplikasi keamanan yang mampu mengenali pengguna melalui fingerprint atau fingertips,” kata Cung Cien, Product and Business Development Manager Lenovo di sela media briefing di Jakarta, 10 Februari 2010. “Sementara VeriFace untuk mengenali muka penggunanya untuk bisa mengakses netbook S10-3T,” ucapnya.
 
Lebih lanjut, Cien menyebutkan, aplikasi VeriTouch ini juga menyediakan shortcut switch user, sleep, restart, dan shutdown untuk memudahkan user.

Sedangkan Lenovo DirectShare adalah aplikasi terbaru dari Lenovo yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar file layaknya aplikasi peer-to-peer (p2p) berbasis koneksi wi-fi. “Hanya saja, untuk mengakses pc atau notebook Lenovo lain, ia juga harus memiliki aplikasi DirectShare juga dan punya wi-fi,” ucap Cien.

Active Protection System (APS) juga menjadi aplikasi hardware yang istimewa yang dimiliki Ideapad S10-3 dan Ideapad S10-3T. Karena, aplikasi ini mampu memproteksi hard drive milik pengguna dengan mematikan operasi hard drive ketika keadaannya bergerak.

“Ini sangat membantu untuk memproteksi data-data penting pengguna. Karena, tanpa aplikasi ini, kemungkinan besar data akan hilang atau corrupt saat bergerak atau jatuh di tengah pekerjaan,” ucap Cien.

Yang menarik untuk diketahui, aplikasi NaturalTouch, aplikasi touchflow all-in-one untuk memudahkan pembaca dalam mengakses e-book, pemutar musik, browser, dan sebagainya. Sayangnya, pengguna tidak bisa meng-customize aplikasi ini.

Baik Idepad S10-3 maupun S10-3T, keduanya mengandalkan sistem operasi Windows 7 Home Premium lengkap dengan aplikasi keamanan McAfee Virus Scan Plus 2009 yang berlaku hingga 90 hari. Setelah itu, pengguna diharuskan meregistrasi.

Untuk memori, vendor asal Taiwan ini menyematkan hard drive 250GB yang bisa diupgrade hingga 320GB. Sementara memori RAM Lenovo melengkapinya dengan kapasitas 1MB DDR3 yang bisa ditingkatkan sampai 2GB. Sedangkan prosesor, Lenovo masih memilih Intel dengan chipset N450-nya.

“Kedua netbook akan kami luncurkan pertengahan bulan ini. Untuk Ideapad S10-3, kami membanderolnya dengan harga USD 419, sedangkan untuk netbook tablet S10-3T harganya berkisar USD 599,” kata Cung Cien.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP