Infrastruktur Telekomunikasi

Rp 1,8T untuk Satelit Telkom-3

VIVAnews - Menggantikan satelit Telkom-2, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) berencana untuk meluncurkan Satelit Telkom-3, yang dijadwalkan Agustus 2011 mendatang.

Satelit yang menghabiskan dana US$ 200 juta tersebut dijadwalkan meluncur dari landasan pacu Rusia, dengan 48 transponder.

Menghabiskan dana US$ 200 juta, satelit dengan 48 transponder ini akan mengorbit di slot 180 derajat bujur timur.

“Telkom-3, yang menggantikan satelit Telkom-2, akan mengorbit di slot 180 derajat bujur timur,” kata Eddy Kurnia, VP Public and Marketing Communication Telkom, di Jakarta, Jumat 22 Januari 2010.

Untuk perangkat yang seharga US$ 200 juta itu, lanjut Eddy, Telkom mengadopsi perangkat milik vendor satelit ISS Reshetnev dari Rusia. “Investasi sebesar itu sudah termasuk asuransinya,” kata Eddy.

Dengan kapasitas 42 transponder, satelit Telkom-3 diklaim memiliki kemampuan standard C-Band, yang mampu mencakup Indonesia dan negara-negara ASEAN, Extended C-band untuk area Indonesia dan Malaysia, serta Ku-Band untuk Indonesia.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024