TEKNOLOGI

Ponsel Multimedia

Huawei U1280 Review

IM3 Groove, bundel paket layanan IM3 dan ponsel U1280 dari Huawei.

ddd
Minggu, 29 November 2009, 14:53
Huawei U1280
Huawei U1280 (VIVAnews/Muhammad Chandrataruna)

IVAnews - Era mobile internet mendesak masyarakat untuk mencari cara bagaimana agar mereka dapat terhubung ke Internet setiap saat. Apalagi dengan biaya yang terjangkau.

Industri telekomunikasi pun menjawab kebutuhan pasar tersebut dengan meluncurkan paket dengan harga relatif murah berkemampuan ‘mewah’. Penawaran akses internet kecepatan tinggi, menjangkau daerah terpencil, kuota tak terbatas, hingga dipaketkan dengan ponsel, sudah menjadi tawaran yang umumnya disajikan para operator.

Tak terkecuali Indosat dengan ponsel Migphone pertamanya, IM3 Groove. Disebut Migphone karena ponsel dari buah kerja sama antara Indosat dan Huawei dalam paket bundel IM3 Groove dan Huawei U1280 ini, disertai juga dengan aplikasi yang dikembangkan khusus, mig33.

Desain dan Spesifikasi
Ponsel Huawei U1280 yang dipaketkan bersama berbagai layanan tersebut merupakan ponsel candybar. Layar 2 inci yang disediakan mampu menampilkan 260 ribu warna dengan resolusi 320 x 240 piksel.

Casing ponsel terbuat dari bahan plastik, adapun untuk pilihan, Huawei U1280 tersedia dalam 4 pilihan warna. White Romance (putih), Crystal Edge (merah muda), Dancing Energy (hitam), dan Green Energy (abu-abu). Numeric pad dan tombol shortcut lainnya yang tersedia, demikian pula tombol volume pada sisi kiri ponsel cukup empuk dan nyaman ditekan.

Untuk menjelajah internet, Huawei menghadirkan browser Opera Mini di dalam handset tersebut selain WAP dan HTML browser. Memori internal sebesar 15MB juga ada di dalamnya. Berikut ini spesifikasi teknis Huawei U1280:

Frekuensi : UMTS 2100MHz, GSM 900/1800/1900MHz
Dimensi : 106 x 46 x 11,5 mm, 90 gram, candybar, antenna internal
Layar : QVGA 320x240 piksel selebar 2 inci, 260k warna
Memori : 15MB (internal), up to 8GB (microSD)
Phonebook : 1.000 entri
Messaging : SMS, MMS, e-mail
Browser : WAP 2.0, xHTML, HTML, Opera Mini
Aplikasi : Facebook, mig33, Opera Mini, i-Go
Audio/Video  : WAV, MIDI, AMR, MP3, AAC, AAC+, eAAC+, MMF, MPEG-4, 3GP
Java : MIDP 2.0
Kamera : CMOS Camera 2MP + 0,3MP
Speaker : 72 polyphonic ringtone, speaker phone, earphone jack 3,5mm
Konektivitas : Bluetooth 2.0 A2DP, mini USB 2.0 high speed, 3G UMTS, EDGE, GPRS
Baterai : Li-ion 900 mAh
Warranty : 1 tahun (Huawei)

Fitur
Selain memiliki desain yang simpel dan cantik, ponsel ringan ini memberi kemudahan penggunanya dengan memberikan shortcut Groov3, yang dapat menghubungkan pengguna langsung ke aplikasi Facebook, Opera Mini, Mig33, dan i-Go.

Dengan kemampuan internet berkecepatan hingga 384kbps, pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi mobile internet built-in tersebut, termasuk menjadikan ponsel Migphone ini sebagai modem 3G.

Huawei U1280 juga dilengkapi dengan kamera berkemampuan cukup mumpuni, 2 megapiksel. Lengkap dengan slot kartu memori yang mampu menampung file hingga 8GB.

Ujicoba
Huawei U1270 memiliki performa sound speaker baik saat untuk berkomunikasi ataupun mendengarkan musik. Demikian pula untuk headset yang disertakan. Sebagai pelengkap, tersedia fitur equalizer, sehingga pengguna bisa menyetel komposisi suara sesuai selera telinganya. Pilihannya ada Pop, Klasik, Rock, Live, Hall, dan sebagainya.

Dengan kemampuan Internet yang cepat, pengguna ponsel seberat 90 gram ini juga bisa menikmati streaming audio secara stabil, terutama untuk mendengarkan radio online atau layanan streaming sejenisnya. Ini bisa menjadi alternatif ketika siaran radio FM yang ada terasa membosankan. Apalagi pada bundel tersedia bonus internet selama 1.800 menit.

Namun, baik streaming audio maupun Radio FM hanya bisa dinikmati jika terhubung melalui headset, tidak bisa beroperasi dengan speakerphone. Meskipun begitu, ketika diujicoba, kualitas suaranya memang memuaskan, relatif jernih untuk level radio.

Kamera berkemampuan 2MP yang tertanam pun tak lupa kami ‘telanjangi’. Kendati mampu menghasilkan gambar besar (1600x1200 piksel), fitur auto white balance di tempat yang minim cahaya tidak bisa bekerja secara optimal.

Untuk hasil yang lebih baik, pengguna bisa meningkatkan level brightness-nya. Seyangnya, di tempat yang memiliki cahaya cukup sekalipun, hasilnya masih kurang memuaskan. Meski lebih baik dibanding dalam kondisi cahaya kurang.

Untuk video recording, hasilnya standar, tak ada yang terlalu spesial. Sama halnya dengan kamera-kamera ponsel 2MP lainnya, hasil rekamnya relatif kabur, dan hanya fokus pada jarak tertentu. Kami sinyalir hal ini disebabkan tidak adanya fungsi autofocus.

Sedikit terobati, fungsi kamera 2MP milik Huawei U1280 tak sebatas bisa menjepret, tapi juga bisa dialihkan ke mode panorama, dari kiri ke kanan, atas ke bawah dan sebaliknya. Selama cahayanya stabil, hasilnya cukup bagus.

Dukungan platform java membuat ponsel ini lebih mudah dikustomisasi. Anda bisa menambah sejumlah aplikasi yang mendukung platform tersebut, misalnya games dan aplikasi bisnis, dan lainnya yang serupa dengan Facebook, Opera mini, dan Mig33 v4.

Tampak kiri-kanan Huawei U1280

Tampak atas-bawah Huawei U1280

Tampak belakang Huawei U1280

Tampak sisi Tampak atas-bawah Tampak belakang

Meskipun di luar ditemukan setting automatis untuk GPRS, hal itu tidak terjadi pada perangkat Huawei U1280 yang kami uji. Semuanya dilakukan secara manual untuk pertama kali. Saat pertama kali dicoba tanpa setting, muncul notifikasi Connection Failed.


Tetapi setelah setting GPRS dilakukan, Anda bisa berselancar selama 1.800 menit, termasuk mengakses Facebook, Twitter, cek e-mail, chatting, dan sebagainya.

Jika Anda ingin menjadikannya sebagai modem untuk laptop atau netbook Anda, silahkan mengunjungi link berikut. Dari hasil ujicoba kecepatan di beberapa lokasi, termasuk di kawasan Menteng dan Kebayoran Baru, Huawei mampu menyuguhkan kecepatan stabil antara 100-150Kbps. Kadangkala bisa menyentuh 250-300 Kbps, akan tetapi itu jarang terjadi, hanya di waktu dan jam-jam tertentu.

Ponsel seharga Rp 950.000-an ini dapat dipesan secara online, termasuk layanan pesan antar untuk wilayah Jabodetabek atau dari Galeri Indosat.

Kelebihan:
- Koneksi stabil, jarang terputus
- Instalasi mudah, plug and play
- Ramping dan sederhana, mudah dibawa ke mana-mana

Kekurangan:
- Kecepatan akses sulit mendukung unduh dan unggah file besar
- Layar kecil, kurang nyaman untuk menjelajah web
- Kemampuan baterai terbatas, hanya 900 mAh



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Pennington23Letitia
02/06/2010
If you want to buy a car, you will have to get the lowest-rate-loans.com. Furthermore, my sister always uses a consolidation loan, which supposes to be the most firm.
Balas   • Laporkan
ElenaMOONEY18
13/04/2010
The business loans seem to be useful for guys, which would like to ground their company. As a fact, that is not very hard to receive a car loan.
Balas   • Laporkan
tika
27/01/2010
bisa minta tolong??? yg udah pakai ini hp...bersedia saya wawancara tentang pengalaman pakai hape ini??? bisa menghubungi saya di 08978227924
Balas   • Laporkan
mon
18/01/2010
saya juga pake hp jenis ini, yg saya tanyakan. kenapa memory internal saya cepet skali habisnya , memory internal saya selalu berkurang setelah saya browsing di hp dan berkurang setelah saya pakai buat nerima lagu (lewat blutut) terimakasih
Balas   • Laporkan
Firman
03/12/2009
@syaifull: Berikut jawaban dari Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat: Ini hanya duration-based (berbasis durasi pemakaian). Mungkin ke depannya akan diluncurkan hape modem yang berbasiskan volume, tapi dengan produk baru, bukan di hape Hu
Balas   • Laporkan
syaifull
03/12/2009
saya senang sekali dengan artikel ini. akhirnya saya bisa menemukan pengguna huawei U1280 selain saya. hm.. sekalian tanya. apakah anda sudah mencoba menyetting GPRS dengan berbasis pada Volume? karena hp ini secara default pabriknya disett secara
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id