Wawancara dengan Yahoo Developer Network Director, SEA

"Developer Kunci Pengembangan Yahoo di Sini"

VIVAnews - Yahoo semakin merapat ke Indonesia. Perusahaan pionir internet itu, dalam waktu dekat membuka kantornya di Indonesia. Ini tak lepas dari strateginya hadir lebih awal daripada kompetitornya, Google, untuk membuka pasar online yang baru berkembang di sini.

Strategi yang dilancarkan: berusaha lebih lokal dan membumi bagi para penggunanya di Indonesia. Sejak awal, Yahoo berusaha menggandeng developer dan membentuk ekosistemnya di Indonesia. Tahun ini saja, dua ajang besar telah digelar untuk menarik para developer lokal lebih lekat ke platform Yahoo.

Pertama, di ajang Yahoo Mobile Developer Award, pertengahan Mei lalu, terakhir: Yahoo Open Hack Day, akhir pekan lalu. Ajang ini merupakan Yahoo Open Hack Day pertama yang diselenggarakan di Asia Tenggara, sekaligus menjadi salah satu Yahoo Open hack Day terbesar yang dihadiri oleh sekitar 500 pengembang, baik dari Indonesia maupun negara-negara tetangga.

Tak hanya itu, kabarnya Yahoo juga menggaet lima perusahaan start up lokal di industri online, yang sudah pasti adalah situs jejaring sosial berbasis lokasi Koprol.com. Ini agar saat momentum beroperasinya kantor mereka di sini -kemungkinan besar Januari tahun depan, Yahoo bisa hadir lebih lengkap dengan konten-konten lokal.

Di sela-sela kegiatan Yahoo Open Hack Day, Sabtu 21 November 2009, VIVAnews melakukan wawancara dengan Michael Francis Smith Jr, Director, Yahoo Developer Network, Yahoo South East Asia. Pria yang mampu berbahasa Phasa Thai itu, bercerita tentang kegiatannya berinteraksi dengan para developer, bekerja sama dengan para start up lokal, demi terbentuknya ekosistem developer Yahoo di Indonesia yang lebih solid. Berikut kutipannya.

Apa tujuan Yahoo menyelenggarakan acara ini di Indonesia?
Ini adalah acara Yahoo Open Hack Day pertama yang diselenggarakan di wilayah di Asia Tenggara. Kami merasa Indonesia negara yang tepat untuk menyelenggarakan acara ini. Tapi kami akan menyelenggarakan acara ini di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Kurang lebih, ini akan menjadi acara tahunan di setiap negara di wilayah Asia Tenggara.

Ini adalah salah satu cara Yahoo membangun ekosistem di sini. Bisa jelaskan perkembangan ekosistem Yahoo di Indonesia?
Saya tidak bisa menyebutkan berapa jumlah pengembang di Indonesia. Tapi, pengembang adalah faktor kunci dalam mengembangkan pasar di manapun itu berada. Saya memang tidak begitu mendalami model bisnis yang tepat yang diterapkan di sini, saya hanya fokus kepada pengembang.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Saya pikir pengembang adalah faktor kunci untuk ekosistem manapun termasuk Yahoo. Keterbukaan yang diterapkan Yahoo sendiri sebenarnya baru mulai sejak setahun belakangan (sejak Yahoo meluncurkan Yahoo Open Strategy-red). Dan pesan keterbukaan dari Yahoo itu pun kini telah sampai ke Indonesia. Maka saya pikir ini adalah faktor kunci dari perkembangan kami di wilayah ini. Karena kami pikir pengembang memiliki peran besar, ini tak diragukan lagi.

Bagaimana Anda melihat ajang kali ini bila dibandingkan dengan ajang-ajang Yahoo Hack Day sebelumnya?

Ini pertanyaan yang sulit, karena acara ini belum pernah diselenggarakan di Indonesia, bahkan di negara Asia Tenggara manapun. Ini bisa dibilang sebagai salah satu ajang terbesar yang pernah kami lakukan. Secara umum ini memang bisa dibilang sebagai salah satu ajang Yahoo Open Hack Day terbesar.

Tapi bila kami bandingkan nanti dengan acara serupa yang juga akan kami lakukan di Vietnam atau Filipina, kami tidak tahu. Barangkali bisa lebih besar lagi. Sejauh ini adalah salah satu ajang terbesar yang kami lakukan.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Yahoo baru-baru ini menutup Yahoo Go dan mengarahkan pelanggan ke Yahoo Mobile FrontPage. Kenapa?
Strategi ini cukup simpel. Bila Anda melihat apa yang terjadi di Internet. Nampaknya menjalankan satu program untuk mengerjakan semuanya di platform mobile, sepertinya tidak akan berhasil. Sekarang setiap situs web punya versi mobile-nya sendiri, dan masing-masing memiliki perbedaan. Jadi apa yang klien akses lewat mobile, kini harus melalui proses yang sama, seperti apa yang harus dilakukan pada internet, pada beberapa tahun yang lalu.

Contohnya saja Yahoo Meme (Yahoo Meme adalah semacam layanan Mikroblog baru dari Yahoo yang memungkinkan pengguna memposting video, foto, musik, maupun teks-red) yang juga memiliki versi mobile-nya. Website lain juga punya versi mobilenya sendiri, yang mendukung begitu banyak browser, dari jenis ponsel yang berbeda-beda. Maka, strategi baru dari Yahoo itulah yang akan berjalan dengan baik. Saya pikir, bila Anda melihat evolusi dari internet, juga evolusi dari perangkat mobile, maka itu memaksa terjadinya perubahan strategi itu sendiri.

CEO Carol Bartz pernah berkata bahwa Yahoo tidak akan membuat suatu jejaring sosial. Tapi Yahoo Meme kan juga semacam jejaring sosial?
Menurut saya apa yang dikatakan oleh Carol adalah, Yahoo ingin menjadi inovator, di saat yang sama dia bilang tak akan ada gunanya bila kita membuat semacam Facebook karena Facebook sudah berhasil. Nah, kami kira, Yahoo Meme bukan seperti Facebook. Yahoo Meme lebih seperti Tumblr, sebuah meme microblogging di mana kita bisa dengan mudah mengupload video, audio, dan teks dalam waktu yang bersamaan.

Jadi ini sama sekali tidak sama. Seperti Carol bilang, kita tidak akan membangun jejaring sosial yang sama, melainkan akan membangun sesuatu yang baru, yang cocok dengan pengguna kami. Bila kita lihat di Twitter, orang membutuhkan TweetPic atau semacamnya untuk menambah fungsi foto yang tidak ada di Twitter. Maka, seperti pada Tumblr, kami hanya perlu satu interface untuk melakukan semuanya. Itulah sebenarnya keunggulan Yahoo Meme, dan berbeda dengan jejaring sosial yang sudah ada. 

Setelah bekerja sama dengan jejaring sosial lokal, Koprol, katanya Anda dikejar-kejar developer lokal yang ingin muncul di Frontpage Yahoo?

Saya jelaskan apa yang biasanya saya kerjakan dengan para developer. Biasanya saya datang ke mereka, saya sempatkan sekitar 2 jam untuk bersama mereka, sama-sama melakukan demo, mempelajari situs apa yang sedang mereka bangun, menceritakan apa yang dimiliki Yahoo, lalu saya mencoba membantu mereka untuk mengeluarkan ide.

Setelah itu, kami akan lihat apa yang bisa dilakukan pada tahap selanjutnya. Saya akan berbicara kepada semua developer yang ingin bekerja sama dengan Yahoo. Tentu saya berharap akan ada lebih banyak lagi developer di Indonesia yang melakukan hal sama seperti Koprol. Misalnya saja ada lagi pihak lokal, yang namanya Urbanesia.. Namun, Ini adalah program yang sedang berjalan, dan Koprol memang yang pertama.

Apa Anda punya target, dengan berapa jejaring sosial lokal lokal lagi Anda akan bekerja sama?
Saya tidak menargetkan jejaring sosial, tapi saya menargetkan siapapun yang ingin bekerja sama. Bagi saya, saya ingin ratusan situs lain setelah Koprol. Tidak ada jumlah final, kami ingin sebanyak-banyaknya.

Saya tidak bekerjasama dengan Koprol hanya karena mereka adalah jejaring sosial. Saya suka bekerja dengan mereka karena saya suka dengan apa yang mereka kerjakan, saya suka dengan keterbukaan mereka dalam bekerja sama dengan kami, dan mereka memiliki keunikan, yakni jejaring sosial sekaligus berbasis lokasi.

Saya pikir Anda akan menyaksikan kebangkitan dari jejaring sosial hibdrid. Idenya adalah, Facebook adalah satu-satunya jejaring sosial. Apapun yang Anda lakukan dengan Facebook, saya tidak akan merasa tersinggung walaupun Saya berbicara sebagai orang Yahoo atau mewakili pihak lain.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Jejaring sosial baru akan mengarah ke bentuk hibrid. Jejaring sosial hibrid ini justru akan membantu Anda untuk mencari teman Anda di Facebook. Facebook bagi saya hanyalah salah satu model. Anda akan melihat sampai sepopuler mana jejaring sosial itu ke depan. Tapi tetap akan ada ruang bagi perusahaan lain.

Jadi Anda benar-benar tidak ada menetapkan target, misalnya minimal ingin mendapatkan berapa aplikasi dengan adanya acara ini?
Tidak. Tidak ada target khusus. Ini adalah acara yang terbuka. Beberapa orang bahkan mungkin datang hanya untuk bersenang-senang.

Lalu apa strategi Yahoo untuk bisa lebih bersifat lokal di Indonesia?
Mungkin pertanyaan itu lebih cocok dialamatkan ke Pontus Sonnerstedt (Indonesia Country Lead Yahoo SEA-red). Saya hanya mengurusi para developer. Dan bagi saya sangat simpel, yakni bagaimana cara mendapatkan lebih banyak situs seperti Koprol. Saya akan, membantu mereka untuk berkembang, itu strategi saya dalam hal developer.

Apakah misalnya, ada upaya membuat Application Progamming Interface (API) bisa bersifat lebih lokal?
Programer melakukan coding dalam bahasa Inggris, saya pikir kita tidak butuh API di dalam bahasa lain. Apakah akan ada cara lain supaya API bisa lebih lokal, mungkin saja, tapi mungkin itu berarti kami butuh mitra untuk melakukan hal itu. Bila ada mitra lokal yang bisa mendorong data ke dalam YQL (Yahoo Query Language-red) agar bisa digunakan, bila itu bisa dilakukan ke dalam Bahasa Indonesia, sungguh sesuatu yang bagus. Tapi pasti ada permasalahan bahasa di situ.

Namun, bila Anda bertanya: apakah kami bisa lebih lokal dengan apa yang dikerjakan oleh para developer lokal? Itu tentu saja bisa. Kami punya berbagai ide tentang itu.

Misalnya seperti Yahoo Mim (versi bahasa Indonesia dari Yahoo Meme-red), yang sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia, kita mungkin bisa membantu para developer untuk membuat semacam translasi di tingkat group level. Ada banyak ide lain. Tapi dari perspektif API, saya rasa akan tetap dalam bahasa Inggris

Sudah berapa banyak orang yang bergabung  dan mendaftar di Yahoo Mim?
Saya tidak punya datanya. Tapi Mim berkembang semakin baik di Indonesia. Apalagi dengan hadirnya versi Bahasa Indonesia. Mim sendiri adalah produk yang baru saja kita dorong. Kami telah luncurkan juga ke beberapa bahasa (Saat ini baru tersedia di empat bahasa: Inggris, Portugis, Spanyol, dan Indonesia-red), dan kami sedang menunggu bagaimanana perkembangannya. Kami bahkan belum mempromosikannya secara gencar. Tapi kami taruh di depan Frontpage agar orang bisa melihatnya. Mim masih berada di tahap Beta, kita tidak memasang target apa-apa, dan kami ingin melihat apa reaksi orang terhadapnya.

Drama Korea The Matchmakers

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

Berperan sebagai Maeng Ha Na di drakor The Matchmakers, Jung Shin Hye menjadi salah aktris yang berhasil menarik perhatian penggemar drama Korea.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024