Infrastrukutur Telekomunikasi

SKKL Jakabare dan Palapa-D untuk Cadangan

VIVAnews - Indosat baru saja sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Jakabare, dan satelit Palapa-D. Jaringan serta optik tersebut nantinya untuk mengantisipasi kemungkinan permintaan kapasitas yang sangat besar sampai satuan Gbps (Giga bit per second).

Selain itu, kedua infrastruktur juga berfungsi sebagai redundant atau back up untuk jaringan internasional yang sudah ada. Sebagai informasi, semua sistem kabel FO (fiber optic) Indosat sudah menggunakan sistem ring atau redundant. Jika ada yang putus, langsung akan di-back up oleh jaringan FO yang lain.

Sementara itu, satelit Palapa-D yang diluncurkan dari Xichang, China pada 31 Agustus 2009 lalu, sudah diserahterimakan oleh Kontraktor kepada Indosat pada 28 Oktober 2009. Satelit kini telah memasuki orbitnya di 113º BT. Satelit sendiri diproduksi oleh Thales Alenia Space France (TAS-F) yang ditunjuk oleh Indosat sebagai mitra pengadaan.

Palapa-D memiliki kapasitas lebih besar dibanding pendahulunya, Palapa-C2 dengan 40 transponder yang terdiri dari 24 standard C-band, 11 extended C-Band serta 5 Ku-band. Satelit menjangkau Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia.

“Beroperasinya satelit Palapa-D dan SKKL Jakabare akan memberikan nilai tambah serta memperluas cakupan dari layanan jaringan terestrial dan komunikasi voice dan data,” kata Harry Sasongko, Presiden Direktur Indosat di sela sambutannya, 17 November 2009. “Selain itu satelit juga bertujuan untuk meminimalisir blank spot di seluruh pelosok tanah air,” ucap Harry.

Indosat, melalui Jakabare dan Palapa-D akan memberikan layanan dan solusi komunikasi terpadu dalam payung ICS (Indosat Corporate Solution). Layanan ini dikemas khusus sesuai kebutuhan pelanggan korporat.

Adapun jasa yang dapat dilayani Indosat adalah IPLC (International Private Leased Circuit) atau dikenal dengan IWL (Indosat World Link). Layanan tersebut merupakan layanan sewa jaringan internasional yang menghubungkan Jakarta dengan Singapura atau Batam dengan Singapura. Jasa INP (Internet Network Provider) yaitu koneksi internet internasional untuk pelanggan ISP, Jasa INL (Indosat National Link) atau sewa jaringan domestik untuk koneksi jakarta – Pontianak, Jakarta – Batam dan Pontianak – Batam juga disediakan. Terakhir adalah jasa berbasis MPLS yang terdiri dari tiga layanan premium ethernet point to point (Virtual Leased Line), Premium ethernet mutipoint (VPLS) dan IPVPN.

Sementara layanan dari satelit Palapa -D yang disediakan Indosat Group antara lain adalah Transponder Lease untuk layanan broadcasting dan cellular backhaul sebagai basic service, VSAT service, DigiBouquet, Telecast Service, VSAT-IP, Akses Internet melalui satelit dengan teknologi DVB-RCS, dan akses Internet Broadband melalui satelit, sebagai nilai tambah yang semuanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan korporasi, SME/SOHO maupun personal dalam komunikasi data dan broadcasting.

Khusus untuk layanan broadcasting, saat ini hampir semua stasiun televisi nasional menggunakan jasa satelit dari Indosat.

Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia
Yadea Kemper RC

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Yadea Kemper RC, sebuah motor listrik sport touring full-fairing yang baru saja diluncurkan di EICMA 2023, siap menggemparkan dunia otomotif dengan desainnya yang menawan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024