TEKNOLOGI

Super Komputer

Komputer Tercepat di Dunia Pakai Opteron

Jaguar memiliki 224.162 core, memori 300 terabyte, dan harddisk berkapasitas 10 petabyte.

ddd
Selasa, 17 November 2009, 10:30
Cray XT supercomputer
Cray XT supercomputer (sciencedaily.com)

VIVAnews - AMD memang bukanlah produsen terbesar di pasar prosesor untuk komputer desktop. Tetapi, Top500 mengapresiasi perusahaan tersebut sebagai pemasok prosesor untuk super komputer tercepat di dunia saat ini.

Top500 merupakan organisasi yang mengukur dan mendata sistem komputer terkuat di dunia. Sejak tahun 1993, Top500 merilis update daftar komputer tercepat dua kali dalam setahun.

Pada daftar terbaru yang dilansir, super komputer bernama Jaguar milik Oak Ridge National Laboratory, asal Tennessee, tercatat sebagai yang memiliki kinerja tertinggi. Komputer tersebut berada di laboratorium sains dan teknologi dan digunakan oleh United States Department of Energy.

Jaguar, komputer buatan Cray, seperti VIVAnews lansir dari TechSpot, 17 November 2009, sebelumnya menggunakan prosesor AMD Opteron quad core. Akan tetapi, kini ia telah diupgrade menggunakan prosesor Opteron berinti enam.

Upgrade tersebut membuat sistem mampu menghadirkan performa puncak hingga 2,3 peta floating point operations per second (PFLOPS) atau 2,3 miliar mega FLOPS. Pada Linpack benchmark, kecepatannya tercatat mencapai 1,759 PFLOPS atau 1,04 PFLOPS lebih cepat dibanding IBM Roadrunner yang ada di posisi kedua.

Yang menarik, empat dari lima super komputer tercepat di dunia menggunakan prosesor AMD. Roadrunner milik IBM yang sebelumnya merupakan komputer tercepat juga menggunakan prosesor Opteron. Adapun secara total, Jaguar memiliki 224.162 core, memori sebesar 300 terabyte, dan harddisk berkapasitas total 10 petabyte.

Daftar lengkap super komputer tercepat di dunia dapat Anda simak di sini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
michael naibaho
27/09/2010
woww..... com q ja masih dual core hebat y yg buat!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id