Solusi Enterprise

90% Perusahaan Telco Pakai ERP SAP

VIVAnews - SAP Indonesia mengklaim hampir seluruh pemain di industri telekomunikasi, terutama operator selular, telah mengadopsi aplikasi ERP (enterprise resource planning) miliknya.

“Di industri telekomunikasi, kami memang dominan untuk aplikasi ERP. Hampir semua operator di sini (Indonesia) mengadopsi solusi tersebut. Hanya satu operator besar saja yang belum,” kata Jessica Schwarze, Marketing Manager SAP Indonesia, pada VIVAnews di Jakarta, 13 November 2009. “Kami melayani lebih dari 90 persen operator telekomunikasi yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jessica menyebutkan, rata-rata perusahaan telekomunikasi di Indonesia kini telah mengupgrade solusi ERP hingga SAP ECC versi 7.0.

Selain operator, aplikasi ERP SAP digunakan oleh sebagian besar perusahaan skala large enterprise untuk mempermudah komunikasi antar divisi ataupun antarperusahaan di dalam sebuah enterprise. Caranya dengan menggunakan modul dan fungsi tertentu, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan (on demand).

“Solusi ERP SAP mencakup sejumlah modul yang mendukung efisiensi di area-area kunci dalam perusahaan, seperti untuk finansial, kami menyediakan SAP ERP Financials, untuk logistik ada SAP ERP Logistics, dan SAP ERP Human Resource Management,” ucap Jessica.
Dari seluruh kliennya di Indonesia, 70 persen di antaranya berasal dari segmen large enterprise untuk kontribusi revenue, termasuk di dalamnya perusahaan telekomunikasi, yang disusul perusahaan finansial dan bank. Namun, Jessica enggan memaparkan total klien yang sudah dimilikinya hingga saat ini.

“Selain ERP, kami juga memiliki posisi cukup kuat untuk solusi Business Inteligence (BI) dan Customer Relationship Management (CRM),” ucap Jessica. “Baik perusahaan telekomunikasi maupun finansial, keduanya memiliki kontribusi terbesar bagi SAP dari tiga solusi tersebut,” ucapnya.

Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju
Jordi dan Ruben Onsu

Jordi Onsu Mengaku Sering Minta Maaf dan Mengalah ke Ruben Onsu

Jordi Onsu menambahkan bahwa meskipun ia mengakui tindakannya untuk selalu mengalah, namun menurutnya, sikap itu dianggap lebih bijaksana dalam menjaga kedamaian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024