Indocomtech 2009

Festival e-Pendidikan dari Depdiknas

VIVAnews - Selain warnet gratis, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Depdiknas juga menggelar dua program edutainment lainnya di 20 kota Indonesia yang berakhir di Jogjakarta, yakni Edu-Reporter dan Edu-Games.

Edu-reporter merupakan workshop tentang jurnalistik yang diperuntukkan bagi pelajar atau siswa agar lebih mendalami citizen journalism.

“Dalam program tersebut, kami menentukan tema yang berbeda-beda setiap minggunya. Dan, mereka akan memilih salah satu tema yang sesuai minatnya,” kata Melinda Susanti mewakili tim e-Pendidikan Pustekkom Depdiknas saat berbincang-bincang dengan VIVAnews di Jakarta, 4 November 2009.

“Selanjutnya, kami akan mengumpulkan hasil liputan mereka dilaporkan secara online, lalu dipilih yang terbaik dan diberikan apresiasi, di mana pengumannya akan diumumkan secara online via website dan secara offline di Indocomtech,” ucap Melinda.

Pengumuman sendiri dijadwalkan pada Sabtu, 7 November 2009 di Main Stage, Indocomtech 2009 tepatnya di Plenary Hall, pada pukul 16.00 - 18.00.

Sebelumnya, dalam workshop tersebut, pihak Pustekkom Depdiknas telah memberikan penyuluhan tentang bagaimana menulis berita yang baik dengan mengundang sejumlah wartawan senior.

“Pemanfaatan TIK secara terintegrasi dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pendidikan dan pembelajaran itu sendiri,” ucap Melinda.

Sementara itu, Edu-Games, ucap Melinda, hanya diperuntukkan bagi siswa/i SD. Adapun games yang disuguhkan cenderung lebih ke petualangan. “Hal ini dimaksudkan agar wawasan siswa-siswi bisa lebih terbuka, lebih interaktif, dan lebih mengasah otak. Misalnya, permainan menemukan rasi bintang dan mengidentifikasinya,” ucap Melinda.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024