Ponsel Pintar

Cara Hindari Mata-mata di BlackBerry

VIVAnews - Baru-baru ini beredar sebuah aplikasi malware untuk ‘menguping’ percakapan pribadi seseorang dari perangkat BlackBerry-nya. Aplikasi tersebut bertajuk PhoneSnoop.

Aplikasi ini dapat mengubah setup panggilan dari speaker headset menjadi speakerphone secara otomatis. Namun, untuk dapat melakukannya, sang penjahat perlu menginstal aplikasi tersebut terlebih dulu pada perangkat Blackberry sang korban. Tentu saja, tanpa sepengentahuan korban.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan agar bisa terhindar dari ancaman ini? Untuk mengantisipasinya, seperti disiarkan VIVAnews sebelumnya, para pengguna BlackBerry diimbau untuk memperhatikan keamanan software sejak dini, misalnya mengunci perangkat jika tidak sedang digunakan.

“Jangan mengunduh aplikasi apapun dari sumber yang tidak terpercaya. Karena, potensi Anda menjadi korban cukup besar jika mudah percaya pada aplikasi-aplikasi yang tidak jelas sumbernya,” kata jurubicara US-CERT, seperti VIVAnews kutip dari ZDnet, 29 Oktober 2009.

Jika Anda sudah terlanjur menjadi korban, yang perlu Anda lakukan adalah meng-uninstall software tersebut dengan langkah berikut mengklik menu:
- Options -> 
- Advanced Options ->
- Applications ->

Cari aplikasi bernama PhoneSnoop lalu klik pada:
- Menu ->
- Delete ->

Dengan begitu, aplikasi akan terhapus dengan sendirinya.

Jika diminta untuk reboot atau restart, jangan segan-segan untuk melakukannya. Karena, ini perlu untuk menghapus semua file-file semacam cookies PhoneSnoop dalam sistem perangkat BlackBerry Anda.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia
Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024