Bra Pintar Ini Bisa 'Membuka' Saat Panas

Kutang pintar yang memiliki chip Intel
Sumber :
  • www.huffingtonpost.co.uk/Chromat

VIVA.co.id - Era keterhubungan internet pada berbagai benda sudah tak terbatas pada perangkat mobile seperti tablet atau ponsel pintar. Produsen chip terkenal, Intel, bersama perancang pakaian, Chromat, menciptakan pakaian dalam wanita yang canggih.

Dikutip dari Huffingtonpost, Selasa 15 September 2015, hasil kolaborasi antara Intel dengan Chromat menghasilkan bra yang canggih.

Bra yang dinamai Chromat Aero Sports Bra hadir dengan ditanami modul chip Intel yang besarnya lebih kecil dari tombol. Chip itu dinamakan Intel Curie.

Meski ukurannya sangat mini, Intel Curie berbasis microcontroller 32-bit Intel Quark, memuat memori flash 384 KB, 80 KB SRAM, sensor gerakan enam poros dengan giroskop akselerometer, terintegrasi dengan sensor pemproses sinyal digital (DSP) dan sirkuit pengisian baterai (PMIC).

Bra tersebut memiliki lubang yang bisa "membuka" aliran udara saat terdapat suhu udara, keringat, dan tingkat pernapasan naik.

"Dengan integrasi modul Intel Curie, bra ini bisa secara intuitif merespons keringat, pernapasan, dan suhu tubuh," ujar Chromat dalam blog perusahaan.

Chromat menjelaskan, dengan kemampuan chip mini Intel tersebut, bra tersebut sangat "pintar". Bra memungkinkan sang penggunanya mengatasi hambatan misalnya problem overheating.

Dilaporkan, modul Intel Curie sejauh ini tidak akan dikirimkan ke pembuat komponen perangkat (original equipment manufacture) maupun pembuat perangkat (original design manufacture), hingga akhir tahun ini.

Namun diketahui, sejumlah perusahaan telah mencoba perangkat chip mini tersebut. 

Selain merilis bra pintar, Chromat juga merancang pakaian pintar yang dinamai Chromat Adrenaline Dress. Pakaian ini akan mendeteksi saat pengguna tiba-tiba mengeluarkan adrenalin. Pakaian ini akan berubah bentuk untuk menyesuaikan kondisi pemakainya.

Lima Fakta Mengejutkan tentang Bra
Ilustrasi pakaian dalam.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Soal Pakaian Dalam

Salah satunya memakai ukuran terlalu kecil.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016