Pantau Surabaya, Walikota Risma Andalkan iPad

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Zumrotul Abidin

VIVA.co.id - Walikota Surabaya Tri Rismaharani atau Risma menghadiri acara Indonesia Banking Expo (IBEX) di Jakartya Convention Center, Kamis 10 September 2015. Risma menjadi salah satu narasumber dalam diskusi tentang Smart City dan Perbankan.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Risma memaparkan, hal yang menarik ketika menjalankan tugasnya sebagai Walikota Surabaya. Risma mengaku, kerap mengandalkan teknologi untuk memantau aktivitas atau kejadian serta transaksi yang terjadi di Kota Surabaya.

"Dengan teknologi, melalui iPad ini, saya bisa memantau seluruh transaksi apapun yang terjadi di Surabaya, dengan menggunakan iPad ini. Semua dipantau secara online,"ujar Risma, dalam diskusi bertema Smart City dan Perbankan di JCC, Jakarta.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Dia menjelaskan, dengan sistem online yang terintegrasi, semua usulan masyarakat Surabaya dapat dihimpun dan diketahui secara langsung oleh dia. Dengan demikian, ini memudahkan kinerjanya sebagai orang nomor satu di Surabaya.

"Usulan masyarakat saya bisa tahu. Mereka sedang melakukan proyek apa saja saya bisa tahu. Semua transparan dengan sistem ini," ujarnya menjelaskan.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

Risma memang kerap menggunakan teknologi dalam memantau Kota Surabaya. Misalnya Risma memanfaatkan tiga layar televisi berukuran 40 inchi di ruang kerjanya yang menampilkan kondisi 400 titik lalu lintas yang terhubung dengan kamera pengawas (CCTV).

Dengan bantuan teknologi itu, Risma bisa leluasa memantau perkembangan lalu lintas atau kondisi di jalan kotanya. Alat itu juga sinkron dengan perangkat ponselnya yang sudah terpasang aplikasi khusus.

Di bawah layar televisi itu juga tersedia perangkat komunikasi khusus untuk menghubungi petugas Satpol PP, Linmas atau polisi yang berpatroli di lokasi terdekat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya