19 Kota di Jawa Barat Terselimuti Jaringan 4G LTE Smartfren

Jawa Barat
Sumber :
  • Repro - Google Map

VIVA.co.id - PT Smartfren Telecom Tbk, mengungkapkan, 19 kota di Jawa Barat telah tersedia jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Dengan demikian, Smartfren memperkuat wilayah Tanah Air yang tercakup jaringan 4G.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

19 kota yang dimaksud berupa kota-kota kedua, atau second tier, di antaranya Sukabumi, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Subang, Ciamis, Purwakarta, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Cimahi, termasuk Bandung.

"Kehadiran Smartfren di Jawa Barat, terutama di Cirebon dan Bandung, sebagai penyelenggara 4G LTE advanced pertama di Indonesia, adalah komitmen untuk pembuktian perusahaan selalu cepat dan tanggap dalam mendengarkan kebutuhan pelanggan," ungkap Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, di sela presentasi drive test jaringan 4G LTE Cirebon - Bandung, Rabu 9 September 2015.

Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya

Munir menjelaskan, kehadiran jaringan generasi keempat di Bumi Pasundan ini, karena wilayah tersebut merupakan salah satu provinsi dengan penggunaan mobile data yang cukup tinggi di Indonesia, di mana Bandung sebagai kota yang punya pertumbuhan industri kreatif, cukup maju, dan membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil.

Dia menambahkan, saat ini, kebutuhan akses data telah membantu banyak pelaku industri, terutama pengguna dengan mobilitas tinggi, contohnya pelajar dan mahasiswa sebagai pengguna mobile data mayoritas area Jawa Barat.

Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup

"Pengguna bisa menggunakan Andromax yang sudah mendukung 4G, maupun modem Mifi 4G LTE. Bahkan, jika masih menyenangi ponsel lama, mereka bisa menggunakan modem Mifi tersebut untuk merasakan kecepatannya," tambah Munir.

Untuk menyediakan jaringan 4G ini, Smartfren mempunyai 696 Base Trainsceiver Station (BTS) yang siap untuk melayani para pelanggan Smartfren dalam menikmati internet cepat.

Bahkan, Smartfren mengklaim, 19 kota di Jawa Barat yang punya 441 kecamatan ini, 80 persennya berhasil terselimuti jaringan 4G.

Diketahui, jaringan 4G dari Smartfren ini memanfaatkan teknologi LTE Radio Frequency Time Duplex (FDD) di 850 MHz (Mega Hertz) dan Time Division Duplex (TDD) pada pita frekuensi 2300 MHz. Kedua frekuensi ini menawarkan kecepatan koneksi internet lebih cepat dari jaringan 3G. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya