Gadis 12 Tahun Punya IQ di Atas Einstein

Lydia Sebastian
Sumber :
  • Cascadenews
VIVA.co.id
Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru
- Albert Einstein dan Stephen Hawking mungkin dinobatkan sebagai orang paling jenius di dunia. Namun ternyata ada banyak anak yang memiliki IQ lebih tinggi dari kedua orang itu.

Hawking: Bencana Dunia Hampir Pasti, Segera Tinggalkan Bumi

Di Essex, Inggris, seorang gadis berusia 12 tahun keturunan India tercatat memiliki rekor IQ senilai 162. Semua test intelligent quotient (IQ) itu bisa diselesaikannya dalam kurun kurang dari 150 menit.
Stephen Hawking: Lubang Hitam Itu Punya 'Rambut'


Gadis bernama Lydia Sebastian itu pun masuk dalam keanggotaan Mensa, organisasi eksklusif untuk orang-orang berotak encer dengan skor kecerdasasan atau IQ tinggi. Bagaimana tidak, nilai IQ sebesar itu mengalahkan nilai Einstein dan Hawking yang masing-masing hanya mampu sampai 160. Sedangkan rata-rata manusia pintar ber-IQ 100.


Ayah Lydia, Arun, mengaku tidak pernah memaksakan kehendak terkait pendidikan terhadap anak satu-satunya itu. Namun diakui, Lydia memang pintar sejak kecil. Ia bisa berbicara pada usia 6 bulan dan selalu menyukai pelajaran eksak, baik matematika, fisika maupun kimia.


"Dia juga tertarik pada buku bacaan. Saat masih berusia 7 tahun, ia sudah bisa membaca buku bacaan untuk anak usia 10 tahun. Dia murid tingkat A di Colchester County High School dan berharap saat dewasa nanti bisa bekerja di bidang yang berkaitan dengan matematika," ujar Arun, dikutip dari
Daily Mail
, Jumat 4 September 2015.


Arun sendiri berprofesi sebagai ahli radiologi dari Colchester General Hospital, sedangkan sang ibu bekerja sebagai asisten direktur Barclays Bank. Keduanya berasal dari Kerala, India Selatan.


Lydia sekarang menjadi bagian dari Mensa, yang hanya memiliki anggota 20.000 dan semuanya adalah orang jenius di Inggris. Lydia juga masuk di antara 1 persen anggota dengan IQ tertinggi.


Sebelumnya, seorang siswi berusia 14 tahun juga pernah dinobatkan sebagai anak jenius dengan skor yang sama dengan Lydia. Dia adalah Olivia Manning. Selain itu ada juga Cerys Cooksammy-Parnell dari Northampton, berusia 11 tahun, dan tercatat memiliki IQ 162 saat mengikuti tes IQ Mensa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya