Scammer Gunakan Wikipedia sebagai Alat Pemerasan

Logo Wikipedia.
Sumber :
  • http://iampxr.deviantart.com
VIVA.co.id
Pemerasan, Kejahatan Terbanyak di Pelabuhan Tanjung Priok
- Ratusan UKM dan selebriti di Inggris mengaku telah menjadi korban pemerasan yang mendompleng nama Wikipedia. Pemerasan itu dikabarkan dilakukan oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai editor Wikipedia.

Peras Sejoli, 'Kapten Kanal Banjir Timur' Diciduk Polisi

Korban yang berhasil diperas kebanyakan adalah mereka yang memiliki usaha kecil dan memiliki halaman sendiri di Wikipedia. Mulai dari penyedia jasa foto prewed, sampai pemilik toko emas di London. Mereka diminta membayar sejumlah uang untuk 'melindungi' atau meng-update halaman Wikipedia terkait bisnis mereka.
Dua Pemalak dengan Pistol Mainan Dicokok Polisi


Dilansir melalui
Independent.co.uk
, Rabu, 2 September 2015, pihak Wikipedia mengaku telah mengambil tindakan untuk mencegah aksi pemerasan ini makin meluas. Wikipedia mengklaim telah memblokir sebanyak 381 akun editor yang diduga kelompok yang berkoordinasi dalam aksi tersebut.


"Investigasi kami menemukan jika akun-akun tersebut dikendalikan oleh pengguna Wikipedia yang menawarkan perubahan artikel tentang perusahaan atau informasi pribadi. Mereka akan mengubahnya dengan imbalan uang. Dalam kasus tertentu, pemeras meminta uang dalam jumlah banyak dan masuk dalam kategori pemerasan," ujar pihak Wikipedia.


Wikipedia mengaku telah mendalami kasus ini sejak dua bulan lalu dan langsung melakukan investigasi. Mereka menduga satu orang editor mengelola banyak akun di Wikipedia. Sayangnya, identitas pelaku belum bisa diketahui.


Modusnya adalah penyelamatan atau pengubahan artikel. Perusahaan atau selebriti biasanya memiliki satu halaman berisi info terkait profil mereka di Wikipedia. Scammer mencoba menyembunyikan artikel tersebut terlebih dahulu. Lalu mereka akan beraksi dengan mengatakan bahwa artikel perusahaan/seleb yang ditulis di Wikipedia tidak bisa dipublikasikan karena alasan tertentu. Di sinilah mereka kemudian meminta sejumlah imbalan agar postingan mereka sukses terpublikasi di Wikipedia.


Bahkan ada juga perusahaan yang dimintai biaya proteksi tiap bulannya agar artikel itu tetap nongol di Wikipedia. Atau ada juga yang mengancam akan menghapus atau mengubah artikel itu agar perusahaan memiliki informasi bisnis yang buruk. Para penipu itu kerap mengaku sebagai editor atau admin Wikipedia.


Wikipedia saat ini mengklaim tumbuh dengan pesat. Jumlah artikel berbahasa Inggris yang ada di Wikipedia sudah mencapai lima juta lebih sejak kemuculannya pada 2001. Mereka juga telah memiliki sekitar 250.000 editor untuk melakukan otentikasi terhadap konten yang ada.


Sayangnya, keterlibatan dan pemberian kuasa bagi para relawan editor untuk mengelola artikel Wikipedia telah disalahgunakan oleh banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya