Lama Menghilang, Mahluk Langka Ini Muncul di Papua Nugini

Allonautilus scrobiculatus
Sumber :
  • Mirror/Peter Ward

VIVA.co.id - Seekor mahluk yang hidup di laut lama tak menampakkan diri. Sampai-sampai peneliti biologi kelautan menganggapnya telah punah. Namun, tiba-tiba mahluk laut ini muncul untuk pertama kalinya sejak 31 tahun lalu.

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia

Hewan moluska (bertubuh lunak) ini terlihat di lautan Papua Nugini setelah peneliti mengadakan riset selama empat tahun. Mahluk laut itu bernama Allonautilus scrobiculatus yang sejatinya telah hidup sejak 500 juta tahun lalu.

"Kami mulai melakukan penelitian untuk mencari mahluk ini sejak 2011 lalu. Data terakhir, mahluk ini menampakkan diri di tahun 1984 namun kemudian tidak tampak lagi, sampai kemarin kami menemukan," ujar ahli biologi kelautan dari University of Washington, Peter Ward, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa, 1 September 2015.

Hewan yang Haram untuk Dimakan oleh 6 Agama di Indonesia

Sejak 2011, setiap harinya selama 12 jam, Ward dan tim peneliti lainnya menyiapkan umpan berupa daging ikan dan ayam. Umpan itu ditempatkan di kedalaman 500 dan 1.300 kaki di bawah permukaan laut. Aktivitas yang muncul terus direkam dengan menggunakan kamera di dalam laut. Suatu malam, dalam rekaman terlihat seekor Allonautilus mendekati umpan yang telah disiapkan Ward di Pulau Ndrova. Mahluk itu sangat unik.

"Ketika kami lihat untuk pertama kalinya, kami terperanjat. Bentuknya kecil dan tipis, sedikit berbulu, cairan lengket menyelimuti seluruh cangkang," tulis Ward.

7 Hewan yang Disunnahkan untuk Dibunuh dengan Beberapa Alasan

Allonautilus biasanya memang berada 600 kaki dari permukaan. Bentuknya mirip dengan hewan bercangkang lainnya, khususnya keong. Ward percaya jika Allonautilus merupakan hewan laut paling langka yang ada di dunia. Mereka pun sepakat untuk membuktikan hal itu. Proyek yang dilakukan Ward ini didanai oleh National Geographic, National Science Foundation dan Tiffany & Co Foundation.

(mus)

Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022