Data Situs Selingkuh Dianggap Harta Karun Potensial

Tampilan situs Ashley Madison
Sumber :
  • www.rte.ie

VIVA.co.id - Badan intelijen negara dunia turut sibuk untuk memeriksa bocoran data pengguna situs selingkuh Ashley Madison. Salah satu badan intelijen yang aktif mengecek data bocoran informasi pribadi itu adalah badan intelijen Inggris.

Dikutip Telegraph, Senin 31 Agustus 2015, badan intelijen Inggris itu beralasan memeriksa data peretasan untuk mengetahui apakah ada karyawan mereka yang terkena celah keamanan. Pengecekan itu sekaligus untuk menemukan kemungkinan munculnya tool pemerasan dan data detail target intelijen mereka.

Sumber senior pemerintah Inggris mengatakan data peretasan yang telah dipublikasi peretas telah dicek oleh badan intelijen Inggris. Pejabat itu mengatakan data tersebut juga dipertimbangkan oleh badan mata-mata seluruh dunia sebagai harta karun informasi potensial.

"Kami telah mencari data untuk melihat jika orang kami terkena kerentanan. Tapi ada orang yang mencari informasi itu untuk melihat apakah itu bisa digunakan. Beberapa negara juga akan mencari tool pemerasan," kata pejabat tersebut.

Sedangkan Nigel Inkster, mantan asisten Kepala MI6, mengatakan badan intelijen Inggris tak terlibat dalam pemerasan. Ia mengatakan data yang bocor bisa menjadi barang berharga untuk mengetahui informasi tentang pengguna.

"Jika Anda melihat seorang sebagai target intelijen potensial, maka tentu saja mengetahui sebanyak mungkin apa yang hilang dan yang mereka lakukan adalah hal yang potensial," kata Inkster.

Sebagaimana diketahui, kelompok peretas yang menamakan diri mereka Impact Team mengklaim bertanggung jawab atas peretasan tersebut.

Impact Team telah menjebol 33 juta akun pengguna situs selingkuh yang berbasis di Kanada pada bulan lalu. Bocoran data termasuk 1,2 juta akun pengguna warga Inggris. Selain itu, bocoran juga termasuk alamat email 92 badan pemerintah Inggris termasuk Kementerian Pertahanan dan data 50 badan polisi.

Sejumlah besar data yang diretas itu, sudah bocor ke internet. Informasi yang disebar termasuk email, alamat rumah, data keuangan, riwayat pesan sampai fantasi seksual.

Bos Situs Selingkuh Ashley Madison Lengser
Tampilan situs Ashley Madison

Ini Alasan Orang Selingkuh di Situs Ashley Madison

Penyebabnya kebosanan dan dukungan emosional.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2015