Ditemukan Cara Bikin Es Krim Tak Mudah Cair

Es krim ramen
  • Rocket News24

VIVA.co.id - Peneliti Universitas Dundee Inggris dan Universitas Edinburgh, Skotlandia telah menemukan terobosan dalam kualitas. Tim peneliti tersebut menemukan rahasia yang bisa membuat es krim bisa lebih tahan lama meski di tengah sinar matahari terik atau cauca yang sangat panas.

Dikutip dari Telegraph, Senin 31 Agustus 2015, kuncinya adalah pada komposisi protein alami yang disebut BslA, yang diletakkan pada Peneliti mengatakan protein alami ini yang mengikat udara, lemak air dalam es krim membuat es lebih tahan beku lebih lama mencair.

"Kami sangat gembira dengan potensi bahan baru itu, yang mampu meningkatkan es krim bagi konsumen maupun produsen," ujar Cait MacPhee, fisikawan biomolekuler eksperimental Universitas Edinburgh.

Dalam studinya, tim peneliti mengembangkan metode yang memproduksi protein baru alami pada beberapa makanan dan pada bakteri yang ramah.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Protein alami tersebut, kata peneliti, bekerja dengan lengket terhadap tetesan lemak dan gelembung udara. Hal ini disebutkan membuat protein menjadi lebih stabil dalam campurran bahan tersebut.

Peneliti mengatakan protein alami yang dimaksud itu dapat diproses tanpa menghilangkan kemampuannya dan juga bisa diproduksi dari bahan baku lain.

Dengan demikian peneliti mengatakan produsen es krim bisa menghemat dengan memanfaatkan skema tersebut. Sebab, produsen bisa mengurangi kebutuhan dalam pembekuan produk mereka.

Selain itu, pengembangan protein alami baru itu akan memungkinkan produk es krim diproduksi dengan rendah lemak jenuh dan sedikit kalori.

Para ahli mengatakan memang belum bisa memastikan berapa lama es krim bisa lebih tahan beku dalam kondisi cuaca terik. Peneliti mengatakan es krim yang tahan lama mungkin bisa tersedia di pasar dalam waktu tiga sampai lima tahun.

Penelitian ini melibatkan dukungan dari Engineering and Physical Sciences Research Council and the Biotechnology dan Biological Sciences Research Council. (ase)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

9 Agustus 2016