Mantan Menteri Pendidikan Galakkan Pendidikan Online

Ilustrasi, anak-anak kini menjadi incaran pemerkosa.
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Silva

VIVA.co.id - Teknologi dan inovasi yang terus maju membuat segala informasi, termasuk pendidikan, bisa diperoleh di mana saja, tanpa harus membangun prasarana fisik sekolah.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Mantan Menteri Pendidikan di era SBY, yang juga pernah menjabat Menkominfo, Muhammad Nuh, menjadi Ketua Dewan Penasihat platform pendidikan online gratis, IndonesiaX.

IndonesiaX disebut-sebut sebagai penyempurna pendidikan yang murni memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan pendidikan. Disebut sebagai Massive Open Online Course (MOOC) yang bisa diikuti melalui situs www.indonesiax.co.id.

"Pendidikan adalah modal dalam membangun sebuah bangsa, serta bagian dari hak asasi manusia. Sehingga siapapun berhak mendapatkan pendidikan yang baik. Saat ini, terdapat dua persoalan esensial dalam dunia pendidikan di Indonesia, yakni akses dan kualitas," ujar Muhammad Nuh, dalam keterangannya, Selasa 18 Agustus 2015.

Dijelaskannya, persoalan pendidikan terkait dengan akses mencakup terbatasnya ketersediaan (availability) dan keterjangkauan (affordability) sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan persoalan dalam hal kualitas mencakup keterbatasan tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana, dan tata kelola yang baik.

“IndonesiaX adalah sebuah terobosan untuk mengatasi masalah keterbatasan sarana prasarana, yaitu gedung sekolah. Dalam teori konvensional, bangunan sekolah harus ada secara fisik. Tapi sejak kita mengenal virtual domain atau dunia maya, hal tersebut tidak menjadi kendala," ujar Nuh.

Untuk MOOC, IndonesiaX bekerjasama dengan berbagai universitas dan perusahaan terbaik. Sebagai tahap awal, IndonesiaX merilis program studi ‘Cyber Law: Rights and Obligations’ dari Universitas Indonesia, ‘Introduction to Stock Exchange’ dari PT Bursa Efek Indonesia, dan ‘Change Management’ dari Rumah Perubahan.

Dalam waktu dekat, IndonesiaX juga akan meluncurkan MOOC program studi engineering dari Institut Teknologi Bandung, ‘Introduction to Broadcasting’ dari PT Net Mediatama Televisi.

"Online course IndonesiaX mendemokratisasi cara belajar, karena siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengikuti MOOC tanpa harus mendaftarkan diri di universitas atau pendidikan formal lainnya. MOOC yang disediakan oleh IndonesiaX tak terbatas pada topik akademis, tapi juga berbagai topik keterampilan," jelas Lucyanna Pandjaitan, CEO dan Presiden Direktur IndonesiaX.

Selain Muhammad Nuh, tergabung dalam susunan dewan penasihat IndonesiaX yakni, Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Prof. Rhenald Kasali, Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis,
Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi,
mantan Dirut BEI Ito Warsito, CEO PT Net Mediatama Televisi Wishnutama Kusubandio, dan Direktur Paramount Enterprise Budianto Andreas Nawawi. (ase)

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara
Ilustrasi mata uang China yuan.

Pasangan di China Kaya Raya Berkat Bisnis Ini

Jumlah kekayaan mereka mencapai US$1,1 miliar.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2015