Gojek dan GrabBike Rekrut Ribuan Ojek

Demi biaya kuliah, Yuli daftar jadi pengemudi GoJek
Sumber :
VIVA.co.id
Ratusan Driver Gojek Sweeping Ojek Pangkalan di Margonda
- Perusahaan aplikasi pemesan layanan ojek, GrabBike akan merekrut mitra driver secara besar-besaran. Hal ini terlihat dari acara GrabBike yang akan diselenggarakan besok di Plaza Barat, Gelora Bung Karno, Jakarta, satu hari penuh.

Gojek Dapat Suntikan Dana Lagi Rp7 Triliun

Hal itu pun diamini oleh Head of Marketing GrabTaxi Indonesia, Kiki Rizki. Seperti diketahui, GrabBike merupakan anak perusahaan dari GrabTaxi, perusahaan teknologi asal Malaysia.
Terseret Kereta 15 Meter, Driver Gojek Selamat


"Betul. Besok kita akan mengadakan acara perekrutan di Plaza Barat, GBK. Acaranya akan berlangsung dari pukul 9 pagi sampai jam 4 sore," ujar Kiki kepada VIVA.co.id melalui sambungan telepon, Selasa, 11 Agustus 2015.

Ia menjelaskan, diselenggarakan rekrutmen di tempat terbuka dan luas itu agar dapat menjaring ribuan tukang ojek yang akan bergabung dengan GrabBike. Perusahaan ini mengklaim setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan yang mendatangi kantornya untuk menyatakan bergabung.


"Namun kita hanya bisa merekrut di bawah seratus ojek setiap harinya. Maka dari itu besok diharapkan dapat menggaet ribuan driver yang sebelumnya kesulitan untuk bergabung dengan kami," kata dia.


Kiki mengungkapkan bahwa GrabBike terbuka untuk siapa saja bila ingin bergabung dengannya. Hanya ada dua syarat, kata Kiki, bagi masyarakat berminat untuk bekerjasama dengan GrabBike.




"Pertama, syaratnya mereka harus punya kartu SIM dulu. Itu mutlak. Kedua, kita akan melakukan pengecekan motor. Jadi harus bawa motor agar kita dapat mengetahui motor itu layak untuk beroperasi," jelas dia.


Disampaikannya, kedua syarat tersebut harus dibawa saat akan mendaftar esok. Sebab, kedua permintaan GrabBike itu akan menjadi pertimbangan, apakah yang mendaftar tersebut dapat diterima dan lulus menjadi mitra GrabBike.


Selain itu juga, GrabBike akan mengecek satu per satu latar belakang para pendaftar. Pasalnya, diungkapkan Kiki, keamanan bagi penumpang GrabBike menjadi dasar utama.


"Untuk memilih kandidat tersebut, akan dilakukan cek background. Apa mereka punya catatan kriminal atau pelanggaran lalu lintas? Itu menjadi terpenting untuk keamanan para penumpang," imbuh dia.


Ajang perekrutan ini bukan tanpa alasan. Dikatakan Kiki, ini untuk menggenapkan jumlah armada yang mereka targetkan. Sayangnya, dia tidak memberikan spesifik jumlah target yang dituj.


"Pokoknya besok ingin sampai lima digit jumlah drivernya," ujar Kiki.


Go-Jek Lebih Dulu


Sementara di tempat yang sama, tepatnya di Basket Hall Senayan, PT Go-Jek indonesia menyelenggarakan rekruitmen serupa hari ini. Sepertinya Gojek telah melakukan perekrutan lebih dulu ketimbang GrabBike.


Hal ini terlihat dari beberapa foto yang beredar di media sosial mengenai perekrutan mitra Go-Jek tersebut di hari ini. Sayangnya, perekrutan ini terkesan rahasia karena tidak ada publikasi maupun informasi yang dipaparkan pihak Gojek kepada media.




Dalam sebuah postingan terdapat tangkapan gambar mengenai SMS yang dikirimkan Gojek kepada calon driver yang memenuhi syarat bergabung. Penuturan seorang calon yang tidak ingin disebutkan namanya, Gojek mengadakan perekrutan melalui SMS. Para calon driver memenuhi syarat akan dikirimi SMS konfirmasi untuk mengikuti tes di Senayan hari ini, Selasa 11 Agustus 2015.


"SELAMAT, (nama calon driver). Undangan calon driver Gojek, 11 Agustus 2015, Hall Basket A Senayan, Jam 12.30-13.30 WIB siang, pakai sepati, datang sesuai jadwal. WAJIB TUNJUKKAN SMS INI," tulis undangan via SMS tersebut.


Saat akan dikonfirmasi mengenai kebenaran rekruitmen tersebut, tak satu pun dari pihak Go-Jek yang menjawabnya, baik pesan singkat maupun lewat sambungan telepon.


Hingga saat ini, Go-Jek mengklaim telah mempunyai 15 ribu mitra driver-nya yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya