8 Hal Harus Diperhatikan Mahasiswa Sebelum Beli Notebook

pameran computex di taipei
Sumber :
  • REUTERS/Pichi Chuang
VIVA.co.id
Bahaya Sembarangan Gunakan Smartphone
- Melanjutkan kuliah di era teknologi yang semakin meningkat membuat mahasiswa harus menyatukan tren dan kelengkapan teknologi. Oleh karena itu, membeli sebuah notebook untuk keperluan belajar di kampus bukanlah hal yang sepele.

Daya Baterai Smartphone Bisa Lama dengan Cara Ini

"Di era teknologi yang maju seperti sekarang, notebook adalah mutlak dan penting bagi mahasiswa. Tidak hanya untuk mengerjakan tugas kuliah, tapi juga presentasi, sosialisasi, dan penunjang kegiatan belajar mengajar lainnya," ujar Adhityaswara Nuswandana, pengamat tren anak muda yang juga
Tips Memunculkan 'Pengaturan' Tersembunyi di Android
managing editor sebuah majalah, Senin 10 Agustus 2015.

Menurut Adhit, desain dan fungsi cukup penting untuk menentukan sebuah kelayakan notebook dijinjing oleh seorang mahasiswa. "Desain adalah yang utama, dilanjut oleh harga dan fungsi dari notebook itu," ujarnya.


Berikut beberapa tips memilih notebook yang terbaik dari Adhit dan produsen komputer Acer agar sesuai bagi mahasiswa.


1. Desain
- Desain yang keren akan membuat seorang mahasiswa menjadi pusat perhatian.


2. Prosesor
- Pilihlah notebook dengan prosesor Intel demi kelancaran multitasking.


3. Spesifikasi sesuai kebutuhan
- Pastikan harddisk memiliki tempat penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan file. Bagi mahasiswa jurusan desain, pilih notebook dengan kartu grafis yang mumpuni.


4. Sistem operasi Pre-Installed
- Jangan membeli notebook dengan sistem operasi terpisah untuk menghindari kerumitan dalam penginstalan saat di rumah. OS pre-installed akan membuat notebook bisa langsung digunakan.


5. Sistem operasi asli
- Kewajiban menggunakan OS asli agar notebook yang baru dibei tidak rentan serangan virus dan malware.


6. Dukungan aplikasi
- Notebook dengan dukungan banyak aplikasi, seperti Office 365 mempermudah mahasiswa mengerjakan berbagai hal, mulai dari penulisan melalui word sampai presentasi dengan PowerPoint.


7. Bijak dengan budget yang ada
- Jangan memaksakan membeli notebook dengan harga yang melampaui budget. Sebuah notebook buatan Acer berharga Rp3-4 juta sudah bisa dimiliki dan sesuai spesifikasi seorang mahasiswa.


8. Layanan purna jual yang baik
- Ini merupakan hal yang paling penting. Pastikan tempat servis notebook yang dibeli tersebar luar di seluruh Indonesia. Setiap notebook Acer memiliki kelengkapan layanan purna jual dengan dukungan garansi selama tiga tahun. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya