Begini 'Peta Tertawa' di Facebook

Wanita tertawa.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Beragam cara menyampaikan ekspresi saat kita online di internet. Ada pengguna yang menyampaikan dengan emotikon, ada yang menyampaikan dengan singkat misalnya 'hehe', 'haha' atau kode berupa 'lol'.

Meski terkesan remeh, tapi Facebook memetakan cara orang menyampaikan ekspresi online atau e-laughing telah mengalami evolusi. Tapi situs jejaring sosial terbesar itu telah menganalisa data pada platformnya. Analisa dilakukan sejak akhir Mei 2015. 

Dikutip dari Ubergizmo, Senin 10 Agustus 2015, berdasarkan postingan tim riset Facebook dalam blog perusahaan, terungkap pengguna Facebook sebagian besar menggunakan ekspresi tertawa 'haha'. Ekpresi ini meraih 51,4 persen.

Ekspresi tertawa terpopuler kedua yaitu menggunakan emotikon (33,7 persen), selanjutnya 'hehe' (13,1 persen) dan selanjutnya 'lol' (1,9 persen).

Dari hasil peta tertawa tersebut, Facebook menemukan jenis ekspresi tertawa dikaitkan dengan kelompok tertentu.

Facebook menemukan ekspresi tertawa banyak digunakan oleh pengguna kaum hawa dibanding kaum pria. Sementara ekspresi tertawa terpopuler 'haha', lebih banyak digunakan oleh kaum pria dibanding kaum hawa.

Sementara ekspresi tertawa 'hehe' digunakan banyak kaum pria dibanding kaum hawa. Ekspresi tertawa 'lol' memang tak sepopuler yang ditemukan dalam ekspresi lainnya.

Untuk kategori usia, ekspresi tertawa dengan menggunakan emotikon dan 'lol' banyak dipakai oleh pengguna yang lebih muda. Ekspresi 'haha' dan 'hehe' dipakai umum oleh penggua tua dibanding pengguna yang lebih muda. (ren)

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016