Jepang Bikin Robot Anti Dijahili Anak-anak

Ilustrasi pasukan robot
Sumber :
  • Warner Bros

VIVA.co.id - Tim peneliti berbagai universitas di Jepang mengembangkan robot yang memiliki algoritma unik. Tim dari ATR Intelligent Robotics and Communication Laboratories, Osaka University, Ryukoku University dan Tokai University membuat robot yang bisa 'melarikan diri' dari tindakan jahil anak-anak.

Hal itu lantaran dalam percobaan robot Robovie 2 di sebuah kompleks perbelanjaan di Osaka, Jepang, berlangsung kacau. Robovie 2 yang dipajang malah diserang oleh anak-anak.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Dilansir Engadget, Jumat 7 Agustus 2015, anak-anak tersebut dilaporkan menendang, memukul dan secara verbal mem-bully atau menganggu robot tersebut.

Sebenarnya, Robovie 2 diprogram untuk secara ramah meminta pengunjung melangkah di samping jika mereka berjalan ke arah robot tersebut.

Namun, para pengunjung anak-anak justru tak menaati arahan robot tersebut. Anak-anak justru memblokir jalan yang dilalui robot tersebut.

Melihat kenyataan tersebut, maka tim peneliti membuat robot yang memiliki algoritma menghindari aksi jahil. Tim peneliti memprogram robot tersebut agar mampu menilai 'tingkat kejahilan' saat orang mendekatinya.

Robot akan 'siap siaga' atas gangguan saat ada orang yang mendekatinya dengan ketinggian 137 cm. Disebutkan saat ada anak kecil yang menghampiri robot, maka mesin robot akan mengartikan itu sebagai ancaman gangguan yang tinggi.

Robot beralgoritma antijahil itu juga akan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk menghindari kejahilan anak-anak. Misalnya, robot akan berusaha 'lari' ke pengunjung orang dewasa untuk meminta 'perlindungan'. Diharapkan pengunjung orang dewasa akan mencegak anak-anak untuk menjahili robot.

Robovie 2 disebutkan bermanfaatkan untuk membantu kehidupan para kaum manula, misalnya membantu berbelanja atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Pengembangan robot untuk membantu aktivitas manusia sudah di depan mata. Tidak lama lagi, kemungkinan banyak perusahaan akan menggunakan jasa robot sebagai pelayan pelanggan atau pelayan di hotel.

Tim peneliti mengaku ingin menjalankan studi lebih lanjut sejauh mana robot bisa memiliki sifat sosial. (one)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023