September 2015, LAPAN Luncurkan Satelit Baru

Model Satelit A2 buatan LAPAN
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus mendorong pengembangan bidang keantariksaan Indonesia. Dalam waktu dekat ini, LAPAN akan meluncurkan beberapa satelit eksperimennya sebagai bentuk inovasi yang sedang dikembangkan.

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

"Kita sudah meluncurkan satelit Lapan A1, September nanti akan luncurkan Lapan A2 dan di tahun depan Lapan A3 akan diluncurkan," ujar Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin di kantornya, Rawamangun, Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2015.

Ketiga satelit tersebut merupakan satelit eksperimen. Selain itu, beberapa di antaranya merupakan kerja sama dengan pihak lain.

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

"Lapan A1 itu merupakan satelit pemantau bumi dengan keistimewaan dapat menggunakan video yang dikendalikan," katanya menerangkan.

Sedangkan, Lapan A2 misi utamanya terkait dengan kemaritiman. Satelit ini akan disematkan sensor Automatic Identification System (AIS). Selain itu juga, satelit eksperimen ini digunakan untuk radio amatir. Sementara, Lapan A3 yang diluncurkan tahun depan merupakan hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ternyata, Venus dan Merkurius Tampak Saat GMT

"Orientasi satelit ini digunakan untuk pemantauan pertanian. Jadi, sudah mengarah sekaligus datanya dapat diaplikasikan," ujarnya menambahkan.

Sementara di sektor penerbangan, LAPAN berupaya untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat membangun pesawat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan (litbang) LAPAN.

"LAPAN ingin menjadi sebagai litbang, nantinya bisa bermitra dengan industri pesawat terbang dalam mengembangkan pesawat yang dibutuhkan di daerah-daerah terpencil dengan landasan pendek. Sekarang dengan PT Dirgantara Indonesia sedang mengembangkan pesawat N215 dengan isi 12 penumpang."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya