Logo Baru Lapan tentang Wahana Antariksa

Gedung Lapan
Sumber :
  • geolocation.ws
VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan) mengumumkan akan mengganti logonya dengan yang terbaru. Logo anyar itu tentang wahana antariksa yang sedang meluncur ke antariksa.
Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Menurut Kepala Bagian Humas Lapan, Jasyanto, arti logo itu tersemat dalam dari Pasal 1 hingga Pasal 6 Nomor 6 Tahun 2015 tentang Logo Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.
Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Jasyanto menjelaskan logo baru Lapan berbentuk wahana antariksa yang sedang meluncur ke arah kanan atas dengan tulisan LAPAN di bagian bawah wahana antariksa.
NASA Gandeng LAPAN, Observasi Gerhana Matahari Total

"Wahana antariksa tersebut digambarkan dengan empat bentuk eliptik dengan empat ukuran berbeda. Secara filosofis, wahana antariksa yang sedang meluncur melambangkan lembaga keantariksaan yang bertekad mencapai cita-cita tinggi menuju Indonesia yang maju dan mandiri," ujar Jasyanto kepada VIVA.co.id pada Rabu, 5 Agustus 2015.

Terdapat empat bentuk eliptik sekaligus melambangkan empat kompetensi Lapan, yaitu sains antariksa dan sains atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa.

Sedangkan dari warnanya, Lapan masih mempertahankan warna terdahulu, yakni biru langit. Warna itu sebagai tanda bahwa Lapan berperan menjadi lembaga keantariksaan, serta warna kuning api sebagai lambang semangat pendorong kemajuan dan kemandirian.

Seperti diketahui sebelumnya, logo baru badan antariksa Indonesia ini adalah hasil dari sayembara yang dilakukan Lapan beberapa waktu lalu.

Pada sayembara logo baru lembaga pemerintah nonkementerian itu, diikuti 2.079 peserta dengan total karya logo Lapan yang diterima sebanyak 640 desain. Untuk menentukan pemenangannya, Lapan melibatkan tim juri yang berasal dari para pakar di berbagai bidang serta perwakilan Lapan, kemudian memilih 23 peserta untuk mempresentasikan karya desain logo mereka.

Hasil seleksi akhir menetapkan satu karya sebagai pemenang utama dan sepuluh yang lain sebagai pemenang nominasi. Sebagai bentuk apresiasi, Lapan memberi imbalan hadiah atas ide dan proses kreatif mereka.

"Pemenang utama ialah Agung Setiawan yang berasal dari Bandung. Karya desainnya mewakili visi dan misi Lapan untuk menjadi pusat unggulan penelitian dan pengembangan di bidang penerbangan dan antariksa di Indonesia," ujar Jasyanto.

Logo baru Lapan itu akan diperkenalkan pada Kamis, 6 Agustus 2015. Menurut Jasyanto, besok adalah momentum bersejarah bagi bidang antariksa Tanah Air.

"Pemilihan waktu pada 6 Agustus bukan tanpa alasan. Pasalnya 6 Agustus 2013 merupakan lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan," katanya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya