XL Pamer Aplikasi Nelayan ke Jokowi

XL pamer aplikasi nelayan ke Jokowi
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id - Beberapa bulan lalu, PT XL Axiata Tbk meluncurkan aplikasi mFish. Aplikasi ini ditujukan bagi nelayan untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan laut.

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi

Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang.

Dari keterangan tertulis, Selasa, 4 Agustus 2015, XL menyiapkan perluasan implementasi mFish ke berbagai daerah Lombok dan Bali pada tahun ini. Beberapa desa nelayan di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menjadi incaran oleh operator berwarna biru ini.

Dengan perluasan wilayah yang diharapkan bisa terealisasi hingga akhir 2015 tersebut, XL berharap akan bisa memberikan manfaat bagi lebih dari 23 ribu nelayan.
 
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, mengatakan, perseroan cukup bangga bisa menghadirkan sejumlah aplikasi layanan digital yang inovatif dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat kecil agar bisa lebih produktif.

"Untuk hal ini, kami tidak selalu mendasarkan pada hitungan bisnis. Bagi kami, yang terpenting lebih dulu adalah bagaimana bisa menangkap kebutuhan masyarakat dan mampu menghadirkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan itu," kata dia.

"Saya yakin, jika masyarakat akhirnya sudah bisa menyadari betapa besar manfaat dari layanan digital, dengan sendirinya permintaan atas layanan digital akan datang dan terus tumbuh," tutur dia.

Dijelaskan, mFish dari XL ini diklaim telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali saat pertama kali peluncurannya. Dikatakannya, mFish akrab bagi kelompok nelayan di Desa Pondok Perasi di Lombok Barat, Labuhan di Lombok Timur, Penuktukan di Singaraja, serta Tulamben di Bali.

Setidaknya, dalam awal kehadirannya ada lebih dari 650 orang nelayan di daerah tersebut yang sudah merasakan manfaatnya. Sementara itu, wilayah penerapan mFish yang baru akan meliputi tidak kurang dari 50 desa, yang berada di Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Pada kesempatan tersebut, XL memamerkan aplikasi buatanya itu di hadapan Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di ajang bertajuk “Dari Indonesia untuk Dunia Exhibition” di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang Banten.

Selain aplikasi untuk nelayan tersebut, XL juga menampilkan aplikasi listrik pintar "Simply", dan uang elektronik "XL Tunai". Ketiganya merupakan produk layanan digital hasil inovasi XL yang diharapkan akan banyak berperan dalam menyiapkan masyarakat luas dalam menyongsong era digital.

Dalam mengembangkan mFish, XL sekaligus juga memanfaatkan potensi industri dalam negeri. Untuk penyediaan ponsel pintar bagi para nelayan, misalnya, XL menggunakan produk dalam negeri.

Demikian juga untuk penyediaan data terkait cuaca, XL juga memanfaatkan data-data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwenang dalam masalah perikanan laut.
 
Dian menambahkan, selain ketiga layanan digital yang ditunjukkan di acara tersebut, XL juga masih memiliki sejumlah layanan digital lainnya yang sudah diluncurkan dan bisa dinikmati manfaatnya oleh pelanggan dan masyarakat. Antara lain adalah layanan untuk segmen perempuan “Sisternet”, dan berbagai aplikasi hiburan di “Gudang Aplikasi”.
 
Selain itu, XL sedang menyiapkan sejumlah aplikasi yang memiliki manfaat sosial bagi masyarakat, bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah. Implementasi berbagai aplikasi inovatif untuk masyarakat ini juga akan dilakukan melalui program “Desa/Kota Pintar” (XmartVillage dan XmartCity) yang sudah mulai direalisasikan XL di sejumlah daerah. (art)

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus
Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016