Google: 5 dari 10 Orang Indonesia Gemar Nonton Video Online

Ilustrasi pakai ponsel atau smartphone
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
2020, Tiga Miliar Orang di Bumi Terancam Masih Offline
- Raksasa Internet Google merilis data terbaru tren konsumennya. Data yang terangkum dalam survei Consumer Barometer menunjukkan adanya peningkatan penetrasi pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia.

Soal Gaji, Karyawan BCA Paling Puas Dibanding Tiga Bank BUMN

Data survei Google mengatakan saat ini penetrasi smartphone mencapai 43 persen dari total populasi di Indonesia. Penetrasi itu naik dari angka tahun lalu yang mencapai 28 persen. Dengan demikian diperkirakan 4 dari 10 orang Indonesia memiliki smartphone.
Bursa Cawagub DKI: Elektabilitas Hidayat Nur Wahid Tertinggi


"Peningkatan penetrasi ini didorong oleh peningkatan kepemilikan smartphone yang cepat. Ini karena sudah banyak brand smartphone lokal, ini yang bikin cepat (penetrasi)," kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia di kantornya, Sentral Senayan II, Jakarta, Selasa 4 Agustus 2015.


Ia menyebutkan, pengalaman pengguna dalam berinteraksi di mesin pencarian Google juga mulai berkembang bila dibandingkan interaksi pencarian pada lima tahun lalu.


Menurut Veronica, saat ini setengah pengguna smartphone di Indonesia sudah mulai mencari melalui platform video online.


"Lima dari 10 orang di Indonesia konsumsi video online. Mereka gunakan itu untuk
entertainment
, juga pendidikan," kata dia.


Survei Google tersebut juga mengungkapkan pengguna Indonesia yang berbelanja langsung melalui perangkat handphone mereka mencapai 67 persen. Angka penggunaan smartphone ini lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna di AS yang hanya 10 persen, dan Inggris sekitar 7 persen.


Pengguna smartphone di Indonedia tercatat juga tinggi dalam melakukan pencarian menggunakan perangkat mereka. Survei menunjukkan 30 persen pemilik smartphone melakukan pencarian dengan perangkat setidaknya dalam sepekan. Angka ini masih bersaing dengan pengguna di AS dengan capaian 50 persen.


Selain penggunaan smartphone, survei menemukan pengguna Indonesia yang menggunakan komputer mencapai 15 persen, dan tablet masih kecil yaitu hanya 4 persen.


Survei Consumer Barometer dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung dengan 1.200 responden pengguna di Indonesia.Survei dilakukan sepanjang Januari-Maret 2015 secara nasional dengan mempertimbangkan perwakilan populasi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya